Waspada 6 Masalah Kesehatan Wanita yang Sering Terjadi Setelah Usia 20



Wanita di atas 20 tahun memang dikenal dalam masa prime time-nya. Namun, ada banyak juga masalah kesehatan wanita yang kerap menghantui wanita di usia tersebut. Enam gangguan kesehatan wanita di bawah ini adalah beberapa di antaranya. Apa saja? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyakit jantung

Meskipun kanker payudara atau rahim kerap menjadi momok bagi kesehatan wanita, namun Sahabat Ayu tidak boleh meremehkan penyakit jantung. Menurut survei Sample Registration System (SRS) pada 2014, penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah stroke di Indonesia.

Tips kesehatan wanita secara alami yang pas untuk mengurangi risiko terserang penyakit jantung adalah dengan menjaga berat badan dan mengurangi makanan berlemak, serta hindari alkohol dan olahraga yang teratur.

Kanker Serviks

Kanker kerap menjadi masalah kesehatan wanita yang ditakuti, terutama kanker serviks. Seperti dikutip dari CNN, setiap tahunnya di Indonesia terjadi 21.000 kasus kanker serviks. Jumlah ini menempati posisi tertinggi kedua di dunia. Salah satu faktor yang menyebabkan tingginya angka kasus kanker serviks adalah kurangnya pemantauan sejak dini. Itulah kenapa banyak penderita kanker serviks yang baru menyadari kondisinya saat sudah parah. Sahabat Ayu bisa melakukan tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker serviks.

Stroke

Di Indonesia, masalah kesehatan ini menyerang lebih banyak wanita daripada laki-laki. Stroke menduduki posisi ketiga sebagai penyakit mematikan pada wanita. Hal ini berdasarkan data menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Karena itu, tips kesehatan wanita terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi terparah dari stroke adalah mengenali gejala-gejalanya. Sahabat Ayu harus langsung sigap ketika terasa ada bagian tubuh yang mendadak tak bisa digerakkan, terutama di bagian wajah, tangan, dan kaki. Kondisi ini juga kerap ditemani dengan adanya sakit kepala yang berlebihan, susah berbicara, dan melihat.

Penyakit alzheimer

Meski dikenal sebagai penyakit orang tua, gejala Alzheimer sudah bisa dirasakan sejak lama. Di Indonesia, penyakit ini lebih rentan menyerang wanita dibandingkan pria. Jika peluang risiko pria terkena Alzheimer adalah 1:11, maka peluang risiko yang dimiliki wanita adalah 1:6. Nah, jika Sahabat Ayu sudah mulai merasakan salah satu gejalanya, yakni kemampuan mengingat yang menurun drastis bahkan untuk hal-hal keseharian (seperti memasak atau mengingat nama pasangan), sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Diabetes

Kenyataannya, diabetes lebih mudah menyerang wanita daripada pria. Jadi, Sahabat Ayu harus waspada terhadap masalah kesehatan wanita yang satu ini, khususnya bagi Sahabat Ayu yang sudah menginjak usia 20 tahun ke atas. Meski berat badan juga berpengaruh, bukan berarti Sahabat Ayu yang kekurangan berat badan bisa makan seenaknya. Diabetes terjadi karena pola makan yang kurang baik, terutama karena kebanyakan gula dan kurangnya pembakaran lemak.

Tips kesehatan wanita secara alami untuk mencegah hal ini adalah dengan mengatur pola makan dan tetap berolahraga dengan teratur. Bila sudah merasakan gejalanya, sebaiknya Sahabat Ayu segera hubungi dokter.

Masalah hati

Dalam hal ini, yang dimaksud masalah hati adalah benar-benar masalah dari organ tubuh yang bernama hati. Umumnya, masalah hati ini diawali dengan berbagai masalah kesehatan wanita lain seperti diabetes dan penyakit jantung. Faktor keturunan juga bisa berpengaruh untuk penyakit ini.

Sayangnya, untuk masalah hati ini Sahabat Ayu tak bisa melihat gejalanya secara kasat mata. Hanya bisa diketahui dengan tes urin dan darah. Namun, bila sudah terserang diabetes, darah tinggi ,atau penyakit jantung, sebaiknya Sahabat Ayu langsung melakukan tes urin dan darah untuk melihat kondisi hati.

 

Tak hanya kanker serviks atau kanker payudara yang wajib Sahabat Ayu waspadai, masalah kesehatan lainnya yang dibeberkan di atas pun tak boleh luput dari perhatian. Intinya memang Sahabat Ayu harus menjaga gaya hidup agar risiko beberapa masalah kesehatan wanita bisa terhindari. Anda juga sebaiknya tak terlalu lama terkungkung dalam stres karena bisa menjadi pemicu datangnya penyakit.

Sahabat Ayu sebaiknya jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ketika merasa ada yang salah. Jangan lupa juga untuk memberi tahu pasangan Sahabat Ayu karena dukungan moral itu sangat penting untuk orang-orang yang merasa lemah karena penyakit.