Tetap Cantik Jelang Persalinan? Inilah 7 Tips Merawat Tubuh Saat Hamil



Tips merawat tubuh wanita saat hamil tentu berbeda dengan wanita lain pada umumnya. Pasalnya, saat hamil Sahabat Ayu harus pintar-pintar dalam memilih produk perawatan tubuh yang benar-benar sehat dan aman bagi ibu hamil. Menurut Ellen Marmur, M.D., ahli dermatologis dan bedah kosmetik di Mount Sinai Medical Center di New York City, ibu hamil sebaiknya mengindari produk perawatan tubuh yang mengandung Retinoid, Tetracycline, asam salisilat, dan Benzoyl Peroxides.

Untuk itu, inilah tujuh tips merawat kulit tubuh bagi ibu hamil agar tetap cantik selama masa kehamilan hingga persalinan kelak.

Creambath dan hair mask

Sahabat Ayu, saat hamil tubuh tentu akan lebih mudah terasa gerah dan lebih mudah berkeringat. Kondisi ini terkadang membuat rambut dan kulit kepala terasa lembap dan lepek. Tentunya selama masa kehamilan Anda juga ingin melakukan perawatan rambut seperti biasanya dengan nyaman. Tenang saja, Anda masih bisa melakukan creambath dan hair mask di rumah dengan bahan-bahan alami dan bebas aroma seperti lidah buaya dan minyak zaitun.

Facial

Tips merawat kulit tubuh saat hamil, termasuk wajah, dapat mencegah munculnya minyak berlebih, jerawat, serta komedo. Dalam hal ini, facial merupakan salah satu jenis perawatan wajah yang boleh dilakukan asal bahan yang digunakan tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan bayi. Namun, untuk merawat wajah saat hamil, sebaiknya hindari perawatan abrasif seperti micro-dermabrasion, botox, stimulasi listrik untuk pembersihan ekstra, dan chemical peeling.

Apabila Anda ingin mengatasi jerawat yang sudah terlanjur muncul di wajah, pastikan untuk tidak menggunakan obat jerawat yang diminum sebab kandungan senyawa accutane dapat mengganggu pertumbuhan janin. Sebaliknya, Anda bisa mengaplikasikan obat jerawat topikal atau yang dioleskan sesuai dengan anjuran dan resep dokter.

Tabir surya atau sunscreen

Hanya karena sedang hamil, bukan berarti Anda tak boleh menggunakan tabir surya atau sunscreen. Pasalnya, tabir surya merupakan salah satu produk yang dianjurkan oleh ahli kulit untuk mencegah gangguan atau penyakit kulit seperti kanker. Sebaiknya oleskan tabir surya setiap dua jam sekali agar manfaatnya tetap maksimal. Selain itu, Anda juga dapat mengenakan topi, kaca mata hitam, serta pakaian serba tertutup untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Pelembap khusus untuk atasi stretchmark

Tips merawat tubuh saat hamil selanjutnya dapat dilakukan dengan rutin mengoleskan pelembap khusus untuk mencegah serta mengatasi strecthmark atau garis-garis halus. Untuk mendapatkan pelembap yang aman, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Namun, bisa juga mencoba mengoleskan bahan alami seperti minyak zaitun yang kaya akan vitamin E. Pastikan tidak menggaruk area yang gatal agar tidak memicu munculnya stretchmark.

Manicure dan pedicure

Sahabat Ayu, sebagai bagian dari perawatan tubuh saat hamil, kecantikan kuku tangan dan kaki juga tak boleh luput dari perhatian. Apabila Anda tertarik untuk manicure dan pedicure sebaiknya lakukan di salon kecantikan yang sudah terjamin kebersihannya. Selain itu, hindari pula untuk menggunakan kuteks selama hamil sebab zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat meresap ke pori-pori kulit dan mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan.

Body spa

Perawatan body spa tentu akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan segar. Menariknya, saat ini sudah cukup banyak salon kecantikan yang menyediakan layanan spa khusus bagi ibu hamil. Perlu diingat, Anda baru boleh melakukan treatment yang satu ini saat usia kandungan mencapai trimester kedua, sebab di trimester awal kondisi janin masih berada dalam tahap organogenesis atau pembentukan organ yang sangat rawan dan sensitif.

Body lotion

Tips merawat tubuh agar kulit tetap lembap, cerah, dan terawat adalah dengan rutin mengoleskan body lotion setelah mandi. Sebaiknya, Anda memilih produk body lotion yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya dan bengkoang untuk memaksimalkan perlindungan kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Jangan lupa, pilih juga body lotion yang bebas zat pewangi karena akan membahayakan perkembangan si calon buah hati.

 

Tampil cantik selama kehamilan bukan lagi hal yang sulit dilakukan dengan tujuh tips merawat tubuh tadi. Ada tips-tips lain yang mungkin bisa Sahabat Ayu bagikan? Feel free to share!