mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME LIVE CHAT ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Perlukah Menggunakan Cairan Pembersih Kewanitaan bagi Ibu Hamil?

Diterbitkan pada 23 Januari 2020


Cairan pembersih kewanitaan sering kali menjadi solusi yang paling efektif untuk mengatasi beragam permasalahan pada organ kewanitaan. Mulai dari bau tidak sedap hingga keputihan, semua bisa diredakan dengan menggunakan cairan pembersih kewanitaan. Cara penggunaannya yang simpel tentu akan memudahkan wanita untuk menjaga kebersihan organ kewanitaannya.

Manfaat cairan pembersih kewanitaan ternyata juga bisa dirasakan oleh para ibu hamil. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Menyeimbangkan kadar pH vagina

Memasuki masa kehamilan, produksi hormon estrogen akan meningkat. Perubahan hormon ini ternyata juga akan mempengaruhi kadar pH vagina. Ini karena hormon estrogen akan mempengaruhi jumlah bakteri baik yang ada di vagina. Akibatnya, kadar pH vagina pun menjadi tidak seimbang.

Padahal jika dibiarkan berlarut-larut, ketidakseimbangan pH bisa menyebabkan beberapa penyakit organ kewanitaan seperti infeksi vagina. Nah, untuk mengembalikan vagina agar kembali pada kondisi normal, Anda bisa menggunakan cairan pembersih kewanitaan. Tentunya dengan cairan pembersih kewanitaan yang memiliki kadar pH yang sesuai dengan pH vagina.

Agar terhindar dari infeksi vagina

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, ibu hamil juga rentan terserang infeksi vagina. Infeksi vagina pada ibu hamil bisa terjadi karena adanya peningkatan jumlah bakteri vaginosis. Penyebab bertambahnya bakteri vaginosis juga dipengaruhi oleh perubahan hormon estrogen. Jika tidak segera ditangani, infeksi vagina bisa membahayakan ibu hamil beserta janin yang sedang dikandungnya.

Infeksi vagina bisa dicegah dengan menjaga kebersihan organ kewanitaan secara rutin. Membersihkan dengan air saja mungkin tidak cukup, sedangkan menggunakan sabun mandi akan membahayakan kesehatan vagina. Cairan pembersih kewanitaan bisa menjadi solusi terbaik. Kandungan yang ada di dalamnya memang dirancang khusus untuk organ kewanitaan.

Meredakan keputihan pada miss V

Ibu hamil juga sering mengalami keputihan. Penyebabnya masih sama, yakni perubahan hormon estrogen. Bagi ibu hamil, keadaan ini tentu akan terasa mengganggu. Cairan keputihan juga sering menyebabkan gatal pada miss V saat bersinggungan langsung dengan vulva. Kondisi tersebut tentu akan mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Keputihan saat masa kehamilan bisa diredakan dengan menjaga higienitas organ kewanitaan. Higienitas organ kewanitaan bisa didapat dengan menggunakan cairan pembersih kewanitaan yang tepat secara rutin. Pilihlah pembersih kewanitaan yang sudah teruji secara klinis dengan pH yang sesuai dengan area kewanitaan.

Cara memakai cairan pembersih kewanitaan yang tepat

Cairan pembersih kewanitaan tidak bisa digunakan secara sembarangan, terlebih jika digunakan oleh ibu hamil. Apabila digunakan tidak mengikuti anjuran, yang didapat bukan manfaat, tetapi justru bisa mendatangkan penyakit, misalnya ketidakseimbangan kadar pH permanen pada vagina.

Membersihkan miss V dengan cairan pembersih kewanitaan bisa dilakukan setiap hari dengan cara yang tepat seperti membasuh hanya pada area luar miss V saja. Setelah menggunakan cairan pembersih, bilas dengan air bersih hingga tidak ada sisa cairan yang menempel. Bersihkan dari arah depan ke belakang agar bakteri dari anus tidak menyebar ke vagina. Seka dengan handuk hingga area kewanitaan tetap kering.

 

Sahabat Ayu juga sebaiknya berhati-hati saat memilih cairan pembersih kewanitaan. Pilih yang memiliki kadar pH seimbang. Salah satunya adalah Sumber Ayu Pembersih Kewanitaan Pearly White dengan Triple Whitening Extract dengan pH 3,5 yang baik untuk organ kewanitaan Anda.

 

 

Sumber:

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/perawatan-kewanitaan/bolehkah-ibu-hamil-pakai-pembersih-vagina/

https://bidanku.com/bolehkah-ibu-hamil-memakai-pembersih-vagina

 
ARTIKEL TERKAIT
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt