mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Nyeri Saat Haid? Simak Penyebab dan Cara Meredakannya di Sini

Diterbitkan pada 25 September 2018



Sebagai keluhan yang umum dirasakan oleh wanita saat sedang haid, nyeri haid sering kali dianggap sepele. Padahal, selain sangat menganggu, nyeri haid juga dapat menjadi pertanda hal yang tidak Anda harapkan, Sahabat Ayu. Rasa nyeri yang terkadang tak hanya terjadi pada bagian perut namun hingga sekujur tubuh ini tentu harus Anda tangani dengan serius. Berikut informasi lengkap tentang penyebab nyeri haid dan cara meredakannya!

Penyebab nyeri haid

Nyeri haid muncul karena kondisi dinding otot rahim yang mengalami kontraksi. Kondisi ini menyebabkan terjadinya tekanan pada pembuluh darah di sekitar dinding otot rahim tersebut. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim mengalami hambatan dan memicu timbulnya rasa nyeri di bagian bawah perut. Kondisi ini cukup umum terjadi mengingat sembilan dari sepuluh wanita mengaku mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman saat sedang menstruasi.

Selain itu, nyeri haid juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis. Di antaranya adalah:

  • Fibroid - Pertumbuhan sel nonkanker pada dinding rahim yang menyebabkan rasa nyeri saat menstruasi.
  • Adenomiosis - Terjadi pengikisan pada jaringan lapisan dinding rahim setiap menstruasi dan mulai tumbuh ke lapisan bagian luar atau dinding otot rahim.
  • Endometriosis - Tumbuhnya sel-sel rahim di luar rahim, biasanya di tuba falopi dan ovarium. Sel-sel yang mulai terkikis seperti sel-sel rahim akan menyebabkan rasa sakit saat haid.
  • Penyakit radang panggul - Kondisi ini terjadi saat bakteri telah menginfeksi rahim, tuba falopi, dan ovarium sehingga menyebabkan pembangkakan dan iritasi yang parah.
  • Penyempitan serviks atau leher rahim. Kondisi serviks yang tidak terbuka dengan lebar dapat menyebabkan aliran menstruasi jadi terhalang. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan pada rahim dan rasa sakit meningkat.

Cara meredakan nyeri haid

Setelah mengetahui beberapa penyebab nyeri haid, kini saatnya Anda mengetahui cara meredakannya, Sahabat Ayu. Berikut beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa Anda coba:

  1. Meredakan nyeri haid secara alami

Apabila nyeri haid yang Anda rasakan tidak parah, maka penanganannya bisa dilakukan sendiri di rumah. Sahabat Ayu bisa menggunakan obat-obatan pereda rasa sakit. Sejumlah jenis obat pereda rasa sakit juga bisa Anda beli bebas di apotek. Namun, jika Anda lebih suka cara meredakan nyeri haid secara alami, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

  • Gunakanlah kompres hangat pada daerah perut bawah Anda. Rasa hangat memang diketahui dapat membantu mengurasi nyeri haid yang Anda alami. Lakukan kompres dengan hati-hati untuk menghindari jaringan kulit mengalami nekrosis (kematian sel).
  • Pijat dengan ringan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan pada daerah perut bawah untuk meredakan nyeri haid. Lakukanlah dengan gerakan memutar dan ringan menggunakan ujung jari. Bisa pula menggunakan minyak bayi atau krim yang berfungsi sebagai aromatherapy yang memberi efek relaksasi dan meringankan beban nyeri.
  • Minuman yang hangat dapat membantu nyeri haid. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan tinggi gula karena minuman tersebut dapat memperparah rasa nyeri. Kopi dan teh juga sebaiknya dihindari untuk meredakan rasa nyeri.
  1. Konsultasi dengan dokter

Cara ini perlu Anda lakukan jika nyeri haid disebabkan oleh kondisi medis. Biasanya, nyeri haid yang disebabkan kondisi medis disertai gejala lain seperti terjadinya pendarahan di antara dua masa menstruasi, siklus haid yang tidak teratur, cairan vagina yang kental atau berbau tajam, hingga munculnya rasa sakit ketika berhubungan seksual.

Apabila Anda mengalami nyeri haid karena kondisi medis, biasanya akan terjadi perubahan terhadap rasa sakit yang Anda rasakan. Nyeri yang Anda rasakan bisa jadi meningkat secara perlahan. Jangan ragu untuk segera menemui dokter jika gejala nyeri haid Anda mengalami perubahan untuk mendapatkan penanganan tepat.

 

Sekarang Sahabat Ayu sudah mengetahui informasi mengenai penyebab dan cara meredakan nyeri haid. Pastikan Anda tidak menyepelekan kondisi ini agar hal-hal yang tidak diharapkan dapat dihindari. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Ayu!

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt