Miss V Sehat dan Normal? Ini Tanda-tandanya



Memiliki miss V yang sehat dan normal tentu merupakan impian semua wanita kan, Sahabat Ayu? Jika miss V sehat, Anda pun dapat merasa lebih nyaman dan lancar beraktivitas seharian. Oleh karena itu, Anda harus rajin merawatnya serta mengetahui tanda-tandanya. Penasaran tanda-tanda miss V yang sehat dan normal? Berikut informasi lengkapnya!

Tanda-tanda Miss V Yang Sehat dan Tidak Sehat

  1. Mulut miss V bebas dari benjolan kecil

Miss V yang sehat akan terbebas dari benjolan kecil yang merupakan kutil kelamin. Kutil kelamin ini bisa terasa gatal dan lumayan sakit. Sementara itu, benjolan pada mulut miss V mungkin saja virus atau bakteri penyebab penyakit kelamin bahkan tumor yang bisa berkembang jadi kanker, Sahabat Ayu. Jadi, Anda harus ekstra waspada.

  1. Keluarnya cairan berwarna putih

Keluarnya cairan dari miss V bisa dikatakan normal apabila cairan tersebut berwarna putih atau bening. Namun, Anda perlu khawatir apabila cairan tersebut berwarna kuning atau hijau, bertekstur berbeda, dan lebih kental serta terasa gatal dan bau. Kondisi ini bisa jadi pertanda infeksi virus atau bakteri.

  1. Nyeri

Dilansir Fox News, rasa nyeri merupakan salah satu tanda bahwa miss V Sahabat Ayu mungkin mengalami masalah. Biasanya rasa nyeri ini dialami ketika melakukan hubungan seksual. Kondisi ini bisa mengindikasikan masalah seperti infeksi labial atau infeksi virus yang menyebabkan ketidaknyamanan tanpa keluar cairan yang abnormal.

  1. Gatal

Dikutip dari dokter.id, pada kondisi normal, rasa gatal di vagina bukanlah sesuatu yang perlu Sahabat Ayu khawatirkan karena ini merupakan bagian dari siklus menstruasi Anda. Meski begitu, Anda tetap perlu memerhatikan frekuensi rasa gatal tersebut, Sahabat Ayu. Apabila rasa gatal terus-menerus Anda rasakan, itu bisa jadi pertanda miss V tidak sehat. Untuk itu, sebaiknya segara berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengatasi kondisi tersebut karena berpotensi menjadi sebuah infeksi yang harus diatasi.

  1. Membengkak

Sahabat Ayu, Anda perlu waspada apabila menemui benjolan atau pembengkakan pada area kewanitaan, terlebih jika benjolan tersebut tak kunjung sembuh. Biasanya, kondisi ini dipicu faktor antibiotik, peningkatan frekuensi seks, ketidakseimbangan hormon karena hamil dan menyusui, perubahan diet, stres, dan workout. Jika tidak kunjung sembuh padahal Anda sudah mengonsumsi makanan sehat dan minum obat, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk melakukan tindakan penyembuhan.

Tips Menjaga Miss V Agar Tetap Sehat

  1. Gunakan pembersih khusus area kewanitaan

Sebagai langkah preventif untuk menjaga miss V agar tetap sehat, Sahabat Ayu bisa menggunakan pembersih khusus area kewanitaan. Umumnya, pH yang terkandung dalam pembersih tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi miss V Anda sehingga tidak menggangu kondisi area kewanitaan. Sebaiknya pilihlah pembersih area kewanitaan yang diformulasikan dengan ekstrak daun sirih alami yang dapat berfungsi sebagai antibakteri untuk menjaga area kewanitaan Sahabat Ayu.

  1. Rawat kebersihan miss V selama menstruasi

Selama menstruasi, sangat penting untuk memastikan kebersihan miss V. Setidaknya, ganti pembalut 3-4 jam sekali untuk menghindari miss V dari kelembapan berlebih yang memicu bakteri dan rasa gatal. Untuk mencegah iritasi kulit, pastikan Anda tidak menggunakan pembalut dalam waktu lama dan segera menggantinya kalau sudah terasa kurang nyaman.

  1. Bersihkan miss V dari depan ke belakang

Langkah ini penting untuk memastikan bahwa kotoran yang berasal dari anus tidak masuk ke area miss V. Sebaiknya, Anda juga menghindari penggunaan tisu basah untuk membersihkan miss V karena kandungan di dalamnya dikhawatirkan dapat mengganggu keseimbangan pH pada miss V.

 

Pastikan Anda merawat kebersihan Miss V agar selalu sehat dan normal ya, Sahabat Ayu. Jika miss V sehat, berbagai aktivitas pun bisa dilakukan dengan lebih nyaman dan bersemangat. Semoga bermanfaat!