mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Jerawat di Kemaluan Wanita: Kemungkinan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diterbitkan pada 09 September 2018


Area miss V merupakan daerah yang sensitif, mudah terjadi iritasi, dan memicu munculnya jerawat. Meskipun mungkin tidak menyebabkan masalah yang serius, namun munculnya jerawat di kemaluan wanita bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Agar bisa menanganinya dengan baik, Anda harus terlebih dulu tahu alasan penyebab kemunculannya. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab munculnya jerawat di kemaluan wanita dan cara mengatasinya!

Folikulitis

Sama halnya seperti jerawat pada wajah, munculnya jerawat di bibir kemaluan wanita merupakan peradangan kulit yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Mencukur rambut miss V dapat menyebabkan munculnya jerawat karena infeksi bakteri di folikel rambut. Bahkan ternyata aktivitas tersebut merupakan faktor penyebab folikulitis yang utama, apalagi bila menggunakan pisau cukur yang kasar. Hal ini bisa menyebabkan benjolan, iritasi kulit, lecet, jerawat, dan pembengkakan folikel rambut. Untuk mengatasinya, hindari menggunakan celana dalam ketat yang bisa menggosok kulit dan lebih berhati-hatilah dalam mencukur rambut kemaluan.

Gunakan cairan pembersih daerah kewanitaan yang telah terdaftar BPOM & teruji secara klinis seperti Sumber Ayu agar folikel tidak tersumbat atau teriritasi oleh keringat. Hindari menggosokkan sabun pada mukosa atau bagian lembut di dalam bibir vagina. Waspadai bila jerawat ini muncul berulang atau terus menerus. Konsultasikan dengan dokter spesialis untuk memastikan apakah ini jerawat biasa akibat penumpukan kotoran atau jerawat akibat penyakit kelamin.

Hidradenitis suppurativa (HS)

Hidradenitis suppurativa (HS) atau yang juga disebut acne inversa merupakan penyakit kronis di kelenjar keringat yang menimbulkan lesi seperti jerawat. Hal ini dapat terjadi karena peradangan kulit dan ditandai dengan bintik jerawat  yang mengandung nanah dan terasa sakit. Namun, berbeda dengan jerawat biasa, acne inversa tidak mudah sembuh dan akan meninggalkan bekas luka.

Menurut Hidradenitis Suppurativa Foundation, penyakit ini diderita oleh 4% populasi masyarakat di seluruh dunia. Sebaiknya juga Sahabat Ayu segera memeriksakan diri ke dokter spesialis agar dapat diberikan obat-obatan sehingga jerawat di kemaluan wanita tidak semakin memburuk.

Molluscum contagiosum

Molluscum contagiosum merupakan penyakit kelamin yang ditandai dengan muculnya bisul yang mirip dengan jerawat. Berbeda dengan jerawat biasa, jerawat yang timbul karena molluscum contagiosum biasanya berbentuk lebih kecil tapi menonjol dengan warna daging. Jerawat karena  Molluscum contagiosum juga dapat berbentuk seperti mutiara dengan lesung di pusatnya.

Jangan coba-coba memencet jerawat yang mucul di miss V atau vulva karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi yang makin parah. Sahabat Ayu dapat mengompres area yang bermasalah tersebut dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat untuk membantu mengempiskan peradangan yang terjadi. Basuh area miss V yang berjerawat dengan cairan pembersih khusus untuk area kewanitaan, namun usapkan secara hati-hati dan perlahan pada kulit keratin saja atau bagian kulit yang lebih tebal dan berambut.

Herpes genital

Munculnya jerawat juga bisa merupakan tanda atau  gejala dari infeksi herpes genitalis. Infeksi ini disebabkan oleh virus herpes simpleks atau yang sering disebut dengan HSV. HSV bisa ditandai dengan muculnya vesikel (lepuh) berwarna kemerahan seperti jerawat dan disertai rasa nyeri di area miss V. Bila jerawat ini luka atau pecah, maka akan dapat menjadi luka terbuka.

Untuk mengurangi gejala tersebut, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan antivirus  seperti valasiklovir, asiklovir, famsiklovir, dan lainnya. Namun, obat ini hanya berfungsi untuk mencegah virus herpes tidak berkembang biak. Bila sudah terinfeksi virus ini, virus herpes akan tetap hidup meskipun tidak aktif dan virus tidak bisa hilang dari tubuh sepenuhnya.

 

Banyak kemungkinan penyebab timbulnya jerawat di kemaluan wanita. Sahabat Ayu perlu menjaga kebersihan dan kesehatan miss V secara rutin agar terhindar dari timbulnya jerawat. Gunakan produk pembersih yang aman untuk daerah kewanitaan. Hindari menyentuh jerawat dan selalu rawat miss V dengan produk-produk pembersih kewanitaan dari Sumber Ayu yang telah melalui berbagai uji klinis & terpercaya selama bertahun-tahun.

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt