Jangan Sembarangan! Inilah Panduan Memilih Pembalut untuk Menjaga Area Kewanitaan



Sahabat Ayu, memilih pembalut yang baik untuk dipakai ketika menstruasi tentu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan area kewanitaan Anda. Terlebih darah kotor yang keluar ketika menstruasi terkadang menimbulkan bau tak sedap, sehingga Anda harus betul-betul memperhatikan cara membersihkan area kewanitaan tersebut. Nah, agar tak salah pilih, inilah tips-tips memilih pembalut yang tepat untuk Sahabat Ayu.

Pilih pembalut berwarna putih

Di Indonesia, mungkin Anda dapat menemukan beragam varian pembalut yang dijual di pasaran. Namun, dalam memilih pembalut sebaiknya Anda menggunakan yang berwarna putih. Pasalnya, zat pewarna yang terkandung pada pembalut akan sangat membahayakan kondisi kesehatan area kewanitaan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih pembalut yang putih alias tidak berwarna untuk menghindari adanya penggunaan pewarna yang mengandung zat-zat berbahaya.

Jangan ragu untuk mengecek label komposisi yang tertera di bagian samping kemasan pembalut. Terkadang pembalut berwarna putih ada juga yang menggunakan pemutih. Tentu saja, pemutih yang mengandung klorin tersebut bisa membahayakan kesehatan perempuan seperti menyebabkan keputihan, bisul di area kewanitaan, atau yang paling parah memicu kanker serviks.

Cek bahan kandungan pembalut

Pembalut terbuat dari beberapa kandungan tertentu. Nah, untuk menjaga kesehatan area kewanitaan, Sahabat Ayu sebaiknya memilih pembalut yang tidak mengandung klorin, yaitu zat kimia yang biasa digunakan untuk pemutih pada tekstil. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menjelaskan bahwa jika klorin bersentuhan dengan organ intim, kesehatan reproduksi Anda bisa terganggu. Oleh sebab itu, mulai sekarang Sahabat Ayu dianjurkan agar lebih berhati-hati saat memilih pembalut.

Referensi: https://lifestyle.sindonews.com/read/1021220/155/9-merek-pembalut-dan-7-pantyliner-ini-punya-kandungan-klorin-berbahaya-1436270408

Daya serap tinggi

Memilih pembalut dengan daya serap tinggi akan mencegah terjadinya ‘kebocoran’ selama Anda beraktivitas. Pembalut yang memiliki daya serap tinggi dapat menyerap darah menstruasi lebih cepat sehingga Sahabat Ayu tetap merasa nyaman. Selain itu, pembalut jenis ini tidak akan membuat area kewanitaan Anda menjadi lembap. Ingat, area kewanitaan yang lembap memicu munculnya kuman dan jamur.

Gunakan pembalut yang berbahan lembut

Sahabat Ayu, memilih pembalut yang berbahan lembut tentu akan berpengaruh terhadap kenyamanan gerak Anda selama beraktivitas. Terlebih di malam hari, pembalut yang berbahan lembut akan membuat Anda tidur nyaman dan nyenyak. Anda juga bisa memilih pembalut yang berukuran tipis. Pasalnya, pembalut yang tipis dan berbahan lembut dapat membuat organ kewanitaan Anda ‘bernapas’ dengan lebih baik.

Jangan tergiur harga murah!

Pemilihan pembalut yang tepat menjadi bagian terpenting dari cara merawat area kewanitaan Anda. Untuk itu, Anda harus benar-benar selektif dalam memilih pembalut. Jika pepatah mengatakan ada harga ada rupa, maka hal itu juga berlaku bagi pilihan pembalut yang Anda pakai. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri kalau pembalut yang berharga mahal belum tentu berkualitas baik dan sehat.

Nah, jika pembalut mahal saja belum tentu berkualitas, bagaimana dengan yang dijual murah? Sebaiknya renungkan kembali jika Anda selama ini hanya melihat harga pembalut dalam memilih pembalut. Pastikan Anda memilih pembalut yang benar-benar tidak berbahaya untuk kesehatan area kewanitaan.

Bertanya pada pengguna pembalut yang lain

Sahabat Ayu, jika memang Anda masih ragu menentukan pembalut mana yang terbaik untuk dipakai, tidak ada salahnya untuk menanyakan testimoni dari beberapa pengguna yang menggunakan merek pembalut tersebut. Hal ini mungkin lebih efektif daripada ketika Anda hanya menanyakan informasi dari penjual yang belum tentu menggunakan pembalut itu sendiri.

Konsultasi dengan dokter

Cara merawat area kewanitaan yang terbaik adalah dengan berkonsultasi pada dokter. Dengan begitu, Sahabat Ayu akan tahu apa saja bahan yang dapat membahayakan organ kewanitaan Anda. Jangan ragu untuk menunjukkan komposisi bahan yang digunakan pada proses pembuatan pembalut tersebut. Nantinya dokter akan memberikan masukan tentang pembalut berbahan apa yang terbaik sesuai dengan kebutuhan area kewanitaan Anda.

 

Memilih pembalut untuk menjaga kesehatan area kewanitaan ternyata tidak boleh dilakukan asal-asalan. Walaupun terlihat sepele, pembalut yang dipakai selama menstruasi menjadi bagian terpenting dalam merawat area kewanitaan Anda. Bagaimana dengan pembalut pilihan Sahabat Ayu? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.