Inilah yang Terjadi pada Kondisi Vagina Pasca Melahirkan



Melahirkan adalah peristiwa luar biasa yang dialami oleh seorang wanita. Banyak perubahan yang akan terjadi setelah memiliki bayi, begitu pun miss V yang juga mengalami perubahan. Namun, tak jarang banyak wanita yang terkejut dengan perubahan kondisi yang terjadi pada vagina pasca melahirkan. Jangan kaget bila merasakan hal yang tidak biasa. Sahabat Ayu bisa mempersiapkan diri dengan mengetahui perubahan apa saja yang sebenarnya terjadi pada vagina pasca melahirkan.

Miss V longgar

Setelah melahirkan bayi yang bobotnya bisa mencapai 2-4 kg, merupakan hal yang wajar bila otot dasar pelvis menjadi lebih longgar dan renggang. Terutama di tahun pertama setelah melahirkan. Tingkat kerenggangan miss V setelah melahirkan tergantung oleh beberapa faktor. Seperti berapa besar bobot bayi yang dikeluarkan atupun berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk persalinan.

Para wanita yang melahirkan  melalui operasi Caesar biasanya tidak akan mengalami hal ini karena bayi tidak keluar melalui miss V. Bila longgarnya miss V mengganggu Sahabat Ayu dalam beraktifitas, sebaiknya lakukan latihan kegel secara teratur sebagai salah satu cara merapatkan vagina pasca melahirkan.

Miss V terasa kering

Rasa kering pada miss V adalah keluhan yang paling sering dilontarkan oleh ibu-ibu setelah melahirkan dan yang sedang dalam masa menyusui. Menyusui dapat menurunkan kadar estrogen dan hal itu akan membuat vagina terasa kering. Rasa kering dan kesat normal terjadi setelah melahirkan. Namun, hal ini biasanya hanya berlangsung sementara dan akan pulih dengan sendirinya. Setelah berhenti menyusui dan menstruasi, tingkat estrogen akan kembali kepada kondisi sebelumnya.

Bila Sahabat Ayu merasa tidak nyaman saat berhubungan seks karena keringnya miss V, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan lubrikasi. Gunakan pelumas berbasis air yang banyak dijual di apotek.

Rasa perih

Proses persalinan memang begitu menyakitkan, terutama untuk miss V dan jaringan sekitarnya yang robek pasca melahirkan. Jangan takut karena hal ini tidak seburuk kedengarannya. Robekan ini biasanya akan langsung dijahit dan diobati setelah melahirkan. Namun, proses pemulihan rasa sakit dan perawatan vagina pasca melahirkan membutuhkan waktu tidak sebentar. Terutama bila robekan tersebut tak hanya terjadi pada jaringan kulit, tapi juga melibatkan otot yang disebut juga sobekan episiotomi.

Dalam jangka waktu tertentu, area miss V akan terasa nyeri, tidak nyaman, dan lebih sensitif. Bila tidak diberi epidural, Sahabat Ayu biasanya akan diberikan bius lokal untuk menjahit sobekan episotomi. Air hangat biasanya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak yang ada pasca melahirkan.

Keluarnya lochia

Perubahan lain yang mungkin terjadi pada vagina pasca melahirkan adalah pendarahan. Baik wanita yang melahirkan secara normal ataupun caesar, bagian vagina akan tetap mengalami pendarahan. Sesuatu yang keluar dari rahim pasca melahirkan biasa disebut lochia yang merupakan gabungan dari lendir, darah, dan cairan.

Lochia akan mengalami perubahan konsistensi dan warna seiring dengan berjalannya waktu. Biasanya setelah enam minggu akan berhenti dan tak perlu dikhawatirkan. Namun, bila keluarnya cairan lochia disertai dengan rasa nyeri hebat, gatal, dan bau tidak sedap, maka Sahabat Ayu harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan. 

Warna berubah

Perubahan warna di area vagina pasca melahirkan sangat mungkin. Jangan kaget bila area luar vagina seperti labia, vulva, klitoris, dan perineum akan berubah warna. Warna miss V bisa menjadi lebih gelap, namun tak ada yang perlu dikhawatirkan bila hal ini terjadi. Perubahan warna tidak hanya terjadi karena berubahnya hormon selama kehamilan, tapi juga karena luka dan robekan setelah melahirkan. Perubahan warna ini akan memudar seiring berjalannya waktu.

 

Banyak perubahan yang akan terjadi pada vagina pasca melahirkan. Sahabat Ayu perlu melakukan menjaga kebersihan dan kesehatan miss V secara rutin agar terhindar dari infeksi jamur, bakteri dan bau yang tidak sedap. Salah satu cara merawat vagina pasca melahirkan adalah dengan rutin membersihkannya menggunakan Sumber Ayu new improved formula, yang mengandung ekstrak daun sirih dan dapat menjaga kesehatan miss V Sahabat Ayu.