mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Haid Tidak Teratur Coba Lakukan 4 Cara Ini untuk Melancarkannya

Diterbitkan pada 14 Mei 2019



Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, tapi biasanya berlangsung selama 23-35 hari. Jadi, idealnya pada setiap siklus ini, wanita akan mengalami menstruasi. Namun, realitanya, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Banyak juga wanita yang mengalami haid terlambat. Dengan kata lain, haid muncul setelah siklus menstruasi berakhir. Ketika akhirnya mengalami haid, biasanya akan muncul flek cokelat setelah terlambat haid.

Hal ini sebetulnya cukup wajar, apalagi penyebab haid terlambat juga cukup beragam dan berbeda pada tiap wanita. Beberapa yang paling sering terjadi adalah stres dan gaya hidup yang kurang sehat. Namun, Sahabat Ayu tidak bisa membiarkannya begitu saja. Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan haid terlambat. Cek di bawah ini!

Minum air kelapa hijau

Salah satu cara melancarkan haid yang terlambat adalah dengan minum air kelapa hijau. Tetapi sebaiknya jangan ditambahkan gula ya, Sahabat Ayu. Air kelapa hijau memiliki kandungan senyawa laurat yang dipercaya bisa membantu melawan berbagai jenis penyakit karena sifatnya yang anti jamur, anti bakteri, dan anti virus.

Tidak hanya itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak gizi lain yang diperlukan oleh tubuh. Jadi, Sahabat Ayu bisa coba minum air kelapa hijau untuk membantu melancarkan haid terlambar.

Konsumsi rebusan daun pepaya

Terkenal akan rasanya yang cenderung pahit, daun pepaya memang tidak terlalu difavoritkan oleh kebanyakan orang. Namun, di balik rasa pahit tersebut, sebetulnya daun pepaya memiliki kandungan kalsium serta vitamin A, B, C, D, dan E yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh Sahabat Ayu. Itulah kenapa Anda dianjurkan untuk minum rebusan daun pepaya sebagai salah satu cara melancarkan haid yang terlambat.

Caranya sama sekali tidak susah. Siapkan saja daun pepaya secukupnya, lalu rebus dengan dua gelas air mineral. Tambahkan garam dan asam jawa, kemudian diamkan hingga airnya berkurang hingga sekitar satu gelas. Nah, Anda sudah bisa meminum air rebusan tersebut. Menariknya lagi, tidak hanya untuk mengatasi haid terlambat, rebusan daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri haid.

Konsumsi kunyit atau jahe

Selain daun pepaya, ada lagi bahan alami yang juga bisa Anda konsumsi untuk melancarkan haid terlambat, yaitu kunyit dan jahe. Kunyit mengndung senyawa kurkumin yang bisa berkhasiat sebagai obat. Berfungsi pula sebagai zat antioksidan dan anti inflamasi, kunyit bisa membantu melancarkan haid. Sahabat Ayu dapat mencoba minum jamu yang menggunakan racikan kunyit.

Sedangkan, jahe kaya akan kandungan minyak atsiri, kalsium, serat, zat besi, fosfor, sodium, karbohidrat, serta vitamin A, B2, dan C. Sifatnya yang kaya vitamin inilah yang membuat jahe bisa membantu Anda melancarkan haid terlambat. Caranya, minumlah air seduhan jahe yang diberi sedikit madu.

Rutin berolahraga dan perbaiki waktu istirahat

Salah satu penyebab haid terlambat adalah gaya hidup yang kurang sehat. Untuk itu, mulai sekarang usahakan untuk memperbaiki gaya hidup Anda. Selain mengonsumsi makanan dan minuman sehat seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga sebaiknya rutin berolahraga. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat. Jogging atau bersepeda di sekitar kompleks perumahan pun sudah cukup.

Selain itu, imbangi pula dengan istirahat yang cukup. Ingatlah bahwa haid terlambat juga bisa disebabkan oleh stres. Ketika Anda stres, produksi hormon kortisol akan meningkat sehingga memengaruhi organ tubuh lain seperti jantung dan ginjal. Namun, dengan istirahat yang cukup dan teratur, produksi hormon kortisol bisa lebih seimbang sehingga hormon hipotalamus, yakni hormon yang mengatur siklus haid, tidak akan ikut terganggu.

 

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Sahabat Ayu untuk melancarkan haid terlambat. Jika memang ternyata kondisi haid terlambat terus berlangsung, sebaiknya segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Sources:

https://www.merdeka.com/sehat/10-cara-melancarkan-haid-yang-terlambat-kln.html
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3852504/cara-melancarkan-haid-yang-telat-secara-alami-dan-cepat
https://www.halodoc.com/5-cara-melancarkan-menstruasi
https://www.honestdocs.id/tips-memperlancar-haid

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt