Cegah Obesitas Saat Hamil Melalui 5 Cara Berikut



Menjaga berat badan saat hamil penting untuk diperhatikan demi kesehatan dan keselamatan Anda dan calon buah hati. Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika hamil, porsi makan jadi dobel. Sayangnya, anggapan ini dapat membuat ibu hamil cenderung memakan apapun dengan porsi banyak dan memicu terjadinya obesitas. Perlu diketahui, obesitas yang terjadi saat kehamilan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan janin, seperti keguguran dan kematian janin dalam rahim (kelahiran mati). Ibu hamil dengan berat badan berlebih juga berisiko mengalami diabetes dan hipertensi.

Sahabat Ayu, cara menjaga berat badan ideal saat hamil tentu berbeda dengan wanita yang tidak sedang mengandung. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan lima tips menjaga berat badan saat hamil yang dapat Anda lakukan.

Konsumsi makanan yang bernutrisi

Sayur dan buah yang segar adalah asupan terbaik bagi ibu hamil. Anda dapat mengolahnya dan menjadikannya sebagai camilan sehat. Sedangkan untuk sumber karbohidrat, Anda dapat mengganti beras putih ke beras merah yang lebih rendah gula. Selain itu, konsumsi roti dan sereal yang berbahan dasar gandum, yang dapat membantu dan menjaga pencernaan Anda karena tinggi akan serat.

Hindari makanan dan minuman dalam kemasan kaleng yang cenderung mengandung zat gula, lemak, serta bahan perasa lain yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Jangan lupa untuk minum susu setidaknya empat gelas dalam sehari. Tips menjaga berat badan dapat disiasati dengan memilih produk susu segar yang rendah lemak.

Makan secara teratur dan seimbang

Cara menjaga berat badan ideal bagi ibu hamil dilakukan dengan jadwal makan teratur dan seimbang. Artinya, Anda wajib makan tiga kali sehari secara teratur dengan jumlah sesuai kebutuhan di waktu yang sama setiap harinya, dan dengan komposisi seimbang dari sumber yang bervariasi.

Masukkan unsur makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak serta buah-buahan dan sayur yang mengandung mikromineral vitamin, mineral, serta serat. Perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tidak mudah lemas karena dehidrasi.

Jangan makan terburu-buru!

Sahabat Ayu, sebenarnya larangan ini berlaku bagi siapa saja yang ingin menjaga berat badan idealnya. Saat mengunyah dengan terburu-buru, maka sumber karbohidrat yang Anda konsumsi sudah diserap oleh usus dan masuk ke sirkulasi darah. Kadar gula normal lah yang akan membuat Anda merasa kenyang.

Makan dengan cepat tanpa dikunyah dengan baik akan mengakibatkan Anda menghabiskan makanan yang banyak. Naiknya kadar gula darah diketahui tubuh sebagai sinyal rasa kenyang. Hal ini berarti Anda tidak juga merasa kenyang meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

Tetap beraktivitas seperti biasa

Sahabat Ayu, beberapa ibu hamil memilih untuk berdiam diri di rumah karena takut kelelahan dan membahayakan keselamatan janin di dalam rahimnya. Padahal, kondisi tersebut justru akan membuat tubuh Anda menimbun lebih banyak lemak. Untuk itu, tetaplah beraktivitas seperti biasa sebagai alternatif cara menjaga berat badan saat hamil. Pastikan untuk menghindari penggunaan sepatu hak tinggi demi kenyamanan dan keamanan kehamilan Anda.

Olahraga secara rutin

Siapa bilang ibu hamil tak boleh berolahraga? Untuk menjaga kebugaran tubuh dan melatih pernapasan, ibu hamil justru disarankan untuk berolahraga secara rutin. Cara ini juga dapat menjaga berat badan tetap ideal selama masa kehamilan. Pilih aktivitas olahraga yang ringan, seperti jalan kaki, yoga, renang, atau senam kehamilan di pusat kebugaran. Lakukan olahraga tersebut setidaknya 1-2 kali dalam seminggu agar tubuh tetap sehat dan kuat.

 

Sahabat Ayu, cara menjaga berat badan saat hamil ternyata tidak sulit, bukan? Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi kehamilan pada dokter kandungan atau bidan terdekat. Hal ini juga harus Anda lakukan secara berkala demi memastikan keadaan calon buah hati Anda. Beberapa dokter juga akan menganjurkan beberapa tips sehat menjaga berat badan ideal khusus untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!