mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Cegah Kista Ovarium dengan 7 Cara Ini

Diterbitkan pada 30 September 2018


Sahabat Ayu, sebelum mempelajari cara mencegah kista ovarium, ada baiknya jika terlebih dulu memahami apa itu kista ovarium. Perlu diketahui bahwa setiap wanita memiliki dua indung telur yang terletak di sisi kanan dan kiri ovarium. Nah, yang dimaksud dengan kista ovarium ini merupakan kondisi di mana terdapat kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium tadi. Pada beberapa kasus, kista ovarium hanya berupa gangguan jinak, tapi jika dibiarkan justru akan memicu berkembangnya sel kanker.

Penyebab kista ovarium sendiri cukup beragam. Ada kista yang disebabkan oleh adanya penumpukan cairan akibat sel telur pada korpus luteum yang tersumbat sehingga membentuk kantong di dalam ovarium. Namun, ada juga kista yang disebabkan oleh pembentukan sel abnormal di dalam rahim seorang wanita. Lantas, bagaimana cara mencegah kista ovarium?

Menjalankan pola hidup sehat

Tentu saja, dengan menjalankan pola hidup yang sehat, Anda dapat terhindar dari beragam penyakit berbahaya, termasuk kista ovarium. Dalam hal ini, pola hidup yang sehat tidak hanya terletak pada pola makan, tetapi juga waktu istirahat Anda. Mulai sekarang, hindari tidur larut malam serta lakukan olahraga setiap pagi hari sebelum beraktivitas. Dengan begini, kondisi tubuh Anda akan lebih bugar dan tidak rentan terkena virus penyakit.

Mengatur asupan lemak

Sahabat Ayu, kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak ternyata juga cukup memicu terjadinya gangguan sistem hormon seorang wanita. Jika Anda terlalu banyak makan makanan yang berlemak, maka kadar hormon kortisol dalam tubuh pun semakin meningkat. Padahal, hormon kortisol inilah yang memengaruhi pembentukan kista di dalam rahim wanita. Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya atur dengan baik jumlah asupan lemak yang masuk ke tubuh agar tidak melebih ambang batas maksimal.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Alih-alih mengonsumsi makanan berlemak, Anda dapat beralih pada buah dan sayur yang lebih banyak bermanfaat untuk tubuh. Pasalnya, segala jenis buah dan sayur mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan, termasuk untuk area kewanitaan Anda. Banyaklah mengonsumsi buah dan sayur agar tubuh lebih mudah terdetoksifikasi sehingga racun-racun di dalam darah kotor dapat dikeluarkan ketika menstruasi.

Hindari untuk menunda kehamilan

Bagi sebagian wanita yang telah menikah, memiliki anak adalah tanggung jawab besar yang harus dipikirkan secara matang. Tak heran jika ada wanita yang menunda kehamilan terlebih dulu di tahun-tahun awal pernikahan. Faktanya, cara mencegah kista ovarium justru dengan tidak menunda kehamilan. Hal ini dikarenakan frekuensi dan posisi saat melakukan hubungan seksual dapat mempengaruhi periode menstruasi dan hormon dalam tubuh wanita.

Gunakan alat kontrasepsi

Gejala kista ovarium terkadang ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur serta rasa nyeri berlebihan selama masa menstruasi. Untuk itu, bagi wanita yang telah berkeluarga dan memiliki anak, Anda sangat disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi terutama pil KB. Hebatnya lagi, selain dapat mengontrol kehamilan, pil KB ini juga bisa mengendalikan produksi sel telur di dalam ovarium sehingga pembentukan kista ovarium dapat diminimalisir.

Pelajari riwayat kesehatan keluarga

Pada dasarnya, penyebab kista ovarium juga bisa dikarenakan faktor genetik atau keturunan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari detail riwayat kesehatan di dalam keluarga. Apabila ternyata ibu atau nenek Anda memiliki riwayat kista ovarium, maka peluang penyakit tersebut menurun adalah sebesar 40%. Meski begitu, apabila tidak ada riwayat keluarga dengan kista ovarium, bukan berarti Anda terbebas dari ancaman gangguan area kewanitaan ini.

Menjaga kebersihan area kewanitaan

Last but not least, untuk mencegah kista ovarium, Anda juga wajib secara rutin menjaga kebersihan area kewanitaan. Hal ini dikarenakan gejala kista ovarium terkadang tidak nampak dan hanya muncul sebagai bagian dari menstruasi. Padahal, selama menstruasi Anda memiliki peluang cukup besar untuk terkena infeksi bakteri akibat keluarnya darah kotor. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengganti pembalut setiap empat jam serta membersihkan area kewanitaan dengan Sumber Ayu Pembersih Kewanitaan Daun Sirih.

 

Sahabat Ayu, itulah tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kista ovarium. Ingat, mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Rawat terus area kewanitaan Anda agar risiko terjadinya kista ovarium bisa ditekan.

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt