https://sumberayu.id/images/news/berniat-diet-demi-tampil-cantik-alami-jangan-sampai-salah-diet,-ini-bahayanya!-22c46b.jpg

Berniat Diet demi Tampil Cantik Alami? Pahami Dulu Bahayanya


Tampil langsing merupakan keinginan sebagian besar wanita. Menjawab kebutuhan wanita untuk memiliki tubuh ideal, banyak sekali jasa yang menawarkan paket diet ataupun katering sehat untuk mengontrol konsumsi nutrisi. Meskipun semuanya memiliki tujuan yang baik untuk kesehatan, terkadang beberapa orang melakukan diet dengan cara yang salah dan justru membahayakan kesehatan.

Sebelum menjalankan metode diet tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan diet yang Anda lakukan sehat dan cocok untuk Anda. Untuk informasi bagi Anda, ini dia bahaya-bahaya yang dapat timbul dari melakukan diet dengan cara salah:

1. Eating disorder / gangguan pola makan
Banyak yang melakukan diet dengan cara ekstrim di luar anjuran demi menurunkan berat badan. Hal seperti ini justru akan menimbulkan gangguan pola makan ke depannya karena tubuh tidak terbiasa dengan perubahan yang terlalu cepat. Pada akhirnya, makanan cenderung dianggap sebagai sesuatu yang jahat dan harus dihindari sehingga menimbulkan gangguan pola makan.


2. Kekurangan nutrisi
Saking ketatnya menjalankan diet, tidak sedikit orang justru mengalami malnutrisi karena terlalu takut dengan berbagai larangan dari metode diet yang diikuti. Bahkan, beberapa orang harus menjalani perawatan intensif karena diet yang dijalankan terlalu ekstrim dan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh diri sendiri.

3. Menjalani pola hidup yang kurang baik
Karena terlalu fokus pada pola makan, banyak orang lupa untuk merawat kesehatan dari segi lain. Pola hidup sehat tidak hanya berasal dari kebiasaan makan yang baik, namun juga dari olahraga teratur, tidur cukup, minum air putih, dan lain sebagainya. Apabila hanya mengurangi makan namun tidak diimbangi dengan perubahan gaya hidup yang baik, diet justru akan membuat tubuh menjadi tidak fit dan mudah sakit.

Setelah membaca bahaya-bahaya di atas, bagaimana pendapat Anda? Cara paling tepat untuk tampil cantik alami adalah menjalankan pola hidup sehat. Mengubah gaya hidup memang lebih sulit dan lama, namun percayalah bahwa jika Anda melakukannya secara konsisten, hasilnya akan lebih memuaskan daripada mengikuti diet yang menjanjikan turun berat badan dengan cepat.