8 Tipe Bentuk Tubuh Wanita dan Pakaian yang Cocok Dikenakan



Sahabat Ayu, bentuk tubuh wanita tentu berbeda antara yang satu dengan lainnya. Tak heran jika pakaian yang cocok kamu kenakan belum tentuk cocok untuk orang lain. Bahkan, sifat dan karakter wanita berdasarkan bentuk tubuh juga berbeda-beda, lho! Ingat, tampil cantik sempurna bukan berarti harus mengikuti seluruh perkembangan mode. Akan lebih baik jika kamu berpenampilan sesuai dengan bentuk tubuh. Berikut panduan lengkapnya!

Cari tahu bentuk tubuh

Sebelum menentukan pakaian mana yang cocok untuk kamu kenakan, ada baiknya jika terlebih dulu mencari tahu bentuk tubuh wanita seperti apa yang kamu miliki. Caranya, perhatikan bagaimana lekuk tubuh kamu menghubungkan dada, pinggang serta pinggul. Umumnya, bentuk tubuh ideal wanita ditandai dengan bahu dan pantat yang seimbang serta ditunjang ukuran pinggang yang ramping.

Rectangle shape

Bentuk tubuh wanita yang satu ini biasanya dialami oleh pemilik tubuh kurus, di mana ukuran bahu, pinggang, maupun pantat memiliki lebar yang sama. Untuk menyiasati bentuk tubuh rectangle ini, kamu bisa tampil feminin mengenakan pakaian yang menciptakan lekukan tubuh. Misalnya, dress dengan renda untuk menambah tekstur dan volume pada tubuh. Pastikan kamu mengenakan dress yang pas pada pinggang untuk bisa memberi ilusi lekuk pada tubuh.

Wedge shape

Sahabat Ayu, bagi kamu yang gemar berolahraga, tentu tidak asing dengan bentuk tubuh atletis ini. Tipe tubuh ini berbentuk seperti segitiga terbalik, yaitu bentuk bahu yang lebar serta pinggang dan pantat yang lebih ramping. Karakter wanita berdasarkan bentuk tubuh wedge ini biasanya lebih suka tampil simpel dan natural.

Dalam pemilihan pakaian yang cocok, Anda dapat mengenakan atasan berwarna lembut dengan model clean cut tanpa detil, terutama di bagian bahu. Seimbangkan bentuk tubuh ini dengan cara “bermain” di bagian bawahan. Padukan dengan aneka model bawahan rok A-line atau celana yang bervolume dengan tambahan lipatan yang bisa membuat pinggang Anda terlihat lebih besar.

Apple shape

Mendengar namanya mungkin cukup unik, tapi memang ada banyak wanita memiliki bentuk tubuh menyerupai buah apel, yakni membesar di bagian pinggang. Tak heran jika bentuk tubuh wanita yang satu ini terlihat lebih berisi di bagian tengah. Pada beberapa wanita, bentuk tubuh apel juga disertai dengan punggung dan bahu yang cukup lebar.

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal wanita, kamu bisa menyiasati kondisi ini dengan mengalihkan perhatian dari pinggang dan bahu/lengan dengan mengenakan atasan lengan panjang. Curi perhatian ke bagian dada dan leher, misalnya kamu bisa mengenakan atasan dengan potongan leher berbentuk V atau menambahkan aksesoris mencolok di sana. Hindari penggunaan ikat pinggang yang sangat ketat pada pinggang.

Pear shape

Apakah kamu pernah memperhatikan bentuk tubuh Beyonce dan Shakira? Tepat sekali, kedua artis cantik tersebut memiliki bentuk tubuh menyerupai buah pir. Artinya, bagian pinggul, paha, dan bokong merupakan bagian terbesar dari bagian tubuh lainnya. Tapi, siapa sangka jika sifat wanita berdasarkan bentuk tubuh yang satu ini justru selalu ingin tampil modis dan elegan?

Untuk padu padan pakaian yang baik, sebaiknya gunakan atasan dengan kerah yang besar, lengan yang besar dan bermodel, atau dengan tambahan renda untuk menyeimbangkan bentuk tubuh bagian atas dan bawah. Padukan dengan rok model basic cut atau celana panjang potongan slimfit dan bebas dari aneka detil.

Jam pasir

Sahabat Ayu, dari sekian bentuk tubuh wanita yang sudah dijelaskan tadi, bentuk tubuh ideal wanita adalah yang menyerupai jam pasir. Bentuk tubuh ini memiliki lekukan alami yang begitu indah. Jangan ragu menonjolkannya jika kamu memiliki tubuh berbentuk jam pasir dengan bentuk payudara yang penuh, garis pinggang atau lekuk tubuh yang tajam, bokong, paha dan pinggul yang penuh, layaknya Marylin Monroe.

Gunakan atasan dengan leher yang terbuka dan datar karena bisa membantu menonjolkan bahu yang indah, seperti sabrina shirt. Padukan dengan celana pensil ataupun rok A-line yang bisa membuat tampilan lebih feminin dan menonjolkan bagian kaki kamu yang indah.

 

Bagaimana dengan bentuk tubuh kamu sendiri? Sudahkah kamu mengenalinya dengan baik dan benar? Mulai sekarang pilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu agar terlihat lebih ideal.