mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

8 Makanan untuk Meredakan Gejala Pra Menstruasi Sindrom

Diterbitkan pada 27 September 2018



Sahabat Ayu, pra menstruasi sindrom umumnya dialami setiap wanita sekitar satu atau dua minggu sebelum datangnya siklus haid. Namun demikian, tanda pra menstruasi yang dialami wanita berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Munculnya jerawat, perut kembung, nafsu makan sulit terkontrol, serta kondisi emosi yang labil menjadi ciri khas yang dapat dijumpai pada wanita pra menstruasi.

Munculnya berbagai gejala pra menstruasi sindrom adalah hal yang wajar terjadi. Sahabat Ayu tak perlu panik dan tergesa-gesa mengonsumsi obat pereda nyeri. Pasalnya, ada bahan-bahan makanan yang mampu meredakan seluruh ketidaknyamanan yang terjadi ketika pra menstruasi sindrom datang menyerang. Apa saja?

Pisang

Buah pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi, terutama bagi wanita pra menstruasi. Dalam satu buah pisang terdapat kandungan mineral potasium yang cukup tinggi. Nah, zat potasium inilah yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan kram di sekitar area perut ketika menghadapi masa pra menstruasi. Sebaiknya Sahabat Ayu mengonsumsi buah pisang di pagi hari karena buah bercita rasa manis ini juga dapat meningkatkan energi tubuh.

Alpukat

Selain buah pisang, alpukat juga baik dikonsumsi saat tanda-tanda pra menstruasi mulai muncul. Lemak sehat dan mineral di dalam buah alpukat berperan sebagai diuretik alami. Dengan begitu, buah alpukat dapat mengurangi angka kelebihan garam dalam cairan tubuh penyebab perut kembung. Mengonsumsi buah alpukat di pagi hari juga dapat membuat Sahabat Ayu kenyang dalam waktu lama sehingga efektif menekan nafsu makan berlebih pada wanita pra menstruasi.

Bayam

Siapa yang tak kenal dengan sayuran hijau yang satu ini? Diperkaya dengan zat besi dan vitamin A yang tinggi, sayur bayam dapat meredakan gejala pra menstruasi sindrom. Lebih lanjut, sayur bayam juga dikenal sebagai sumber vitamin D dan kalsium yang dapat melindungi kelembapan kulit. Tentu saja, Sahabat Ayu dapat terhindar dari tanda pra menstruasi seperti jerawat dan kulit wajah kemerahan.

Bit

Meski berukuran kecil, bit memiliki manfaat yang cukup besar untuk meredakan gejala pra menstruasi sindrom. Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, vitamin B1 dan B2 dalam buah bit efektif mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah merah pada wanita pra menstruasi. Artinya, mengonsumsi buah bit tidak akan membuat Sahabat Ayu mudah lelah dan lesu selama menstruasi.

Ikan Salmon

Sahabat Ayu, selain lezat diolah sebagai pelengkap hidangan sushi khas Jepang, ternyata ikan salmon juga sangat baik dikonsumsi untuk meredakan pra menstruasi sindrom. Kadar asam lemak Omega 3 yang sangat tinggi pada ikan salmon dapat membantu memperbaiki suasana hati dan fungsi otak. Ditambah dengan kandungan vitamin B kompleksnya, ikan salmon juga efektif membuat Sahabat Ayu kenyang dalam waktu lama.

Daging merah

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts-Amherst menunjukkan bahwa wanita pra menstruasi cenderung mengalami tekanan darah rendah dan rentan terkena anemia. Dengan mengonsumsi daging merah yang kaya akan vitamin B dan zat besi, maka permasalahan pra menstruasi tersebut dapat dicegah. Jadi, Sahabat Ayu dapat memilih daging merah sebagai menu makanan utama selama menghadapi masa pra menstruasi.

Kacang-kacangan

Untuk meredakan gejala pra menstruasi sindrom, Sahabat Ayu juga disarankan untuk mengganti camilan dengan kacang-kacangan. Perlu diketahui bahwa kacang memiliki kandungan magnesium dan vitamin B6 yang sangat tinggi. Dua zat ini dapat mengontrol hormon serotonin dalam tubuh sehingga suasana hati jadi lebih stabil. Selain itu, kacang-kacangan juga baik dikonsumsi sebagai alternatif pencegahan kram perut saat pra menstruasi.

Cokelat

Cokelat, terutama jenis dark chocolate, baik dikonsumsi bagi wanita pra menstruasi. Hal ini dikarenakan dark chocolate mengandung antioksidan cukup tinggi. Nah, antioksidan inilah yang membuat kerja jantung lebih stabil sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan Sahabat Ayu terhindar dari risiko darah tinggi. Dilengkapi dengan zat dopamine, cokelat dapat menjadi makanan pemicu rasa bahagia.

 

Itulah tadi delapan bahan makanan yang baik dikonsumsi untuk meredakan gejala pra menstruasi sindrom. Pilih sendiri makanan mana yang Sahabat Ayu sukai dan cegah pra menstruasi sindrom sedini mungkin.

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt