8 Cara Merawat Vagina Setelah Melahirkan Normal



Sahabat Ayu, cara merawat vagina terlebih setelah Anda melahirkan normal sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, perineum atau daerah antara vagina dan anus umumnya sengaja dirobek dokter untuk membantu proses persalinan normal. Dengan demikian, pastinya akan ada jahitan yang membuat Anda sulit duduk, berdiri, atau berjalan setelah melahirkan normal. Bahkan, beberapa wanita yang baru melahirkan juga mengalami nyeri saat tertawa, bersin, atau batuk.

Merawat vagina usai jahitan tersebut dapat mencegah timbulnya infeksi yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi, mulai dari keputihan hingga pendarahan akibat luka jahitan yang belum mengering. Untuk mencegah hal tersebut, inilah cara merawat vagina secara alami setelah melalui proses persalinan normal.

Menjaga area kewanitaan

Cara merawat vagina setelah melahirkan dapat Anda lakukan dengan cara menjaga kebersihan di sekitar area kewanitaan tersebut. Caranya, ganti pembalut Anda sesering mungkin untuk mencegah infeksi akibat bakteri serta menjaga area vagina tetap kering. Sahabat Ayu juga bisa menggunakan air hangat untuk membasuh organ intim tersebut, sehingga tidak terjadi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit setelah melahirkan normal.

Jangan pakai tampon

Pada umumnya, setelah melahirkan wanita akan mengalami pendarahan layaknya menstruasi dengan jangka waktu yang cukup panjang, yaitu dua minggu lamanya. Beberapa orang tua menyarankan agar menggunakan tampon, padahal benda tersebut justru menimbulkan risiko tinggi untuk vagina Anda yang baru saja melahirkan. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan pembalut saja sebagai cara merawat vagina.

Gunakan ice pack

Apabila vagina Anda terlanjur mengalami pembengkakan, tak perlu panik. Cobalah untuk menggunakan ice pack sebagai alat kompres di sekitar vagina dan diamkan selama lima belas sampai tiga puluh menit. Akan tetapi, pastikan jika Anda tetap menggunakan celana dalam tipis saat mengompreskan ice pack untuk meredakan nyeri akibat pembengkakan vagina setelah melahirkan normal.

Basuh dengan cairan antiseptik

Beberapa dokter kandungan menyarankan wanita yang baru saja melahirkan normal untuk membasuh vagina dengan menambahkan cairan antiseptik. Anda dapat melarutkan cairan antiseptik di dalam air dan basuh vagina atau tuangkan tepat di atas jahitan. Selalu basuh dari arah depan ke belakang, yakni dari uretra ke anus. Ini penting untuk mencegah infeksi vagina akibat bakteri dalam anus setelah melahirkan.

Makan makanan yang bernutrisi tinggi

Cara merawat vagina setelah melahirkan juga perlu dilakukan dari dalam tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan serta kacang-kacangan untuk memperlancar ASI dan mengencangkan otot-otot vagina yang mengendur setelah melahirkan. Tambahkan setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari untuk menjaga tubuh tetap seimbang dan tidak mengalami dehidrasi.

Lakukan fitness dan senam kegel

Fitness yang fokus kepada gerakan otot tubuh bagian bawah dapat membantu Anda dalam proses merapatkan vagina secara alami. Dengan begitu, elastisitas vagina akan terjaga dan Anda akan mengembalikan kekencangan vagina Anda yang kendur setelah melahirkan. Setelah Anda merasa yakin tak ada masalah dengan jahitan, Anda bisa mencoba memulai latihan senam kegel untuk memperkuat dasar panggul sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Berlatih menggunakan alat kerucut vagina

Alat kerucut vagina memiliki tekstur gel silikon dan menyerupai segitiga kerucut. Umumnya, alat ini digunakan sebagai alternatif cara merawat vagina setelah melahirkan. Untuk menggunakan alat ini, Anda harus memasukan kerucut tersebut ke dalam vagina. Kemudian, remas bawah panggul dan tahan otot-otot vagina seperti saat Anda ingin orgasme. Lakukan gerakan ini dalam jangka waktu selama lima belas menit selama dua hari sekali, maka vagina akan kembali rapat dan kencang.

Rutin yoga di pagi hari

Cara merawat vagina jangka panjang dapat Anda mulai dengan rutin melakukan yoga setiap pagi hari sebelum beraktivitas lainnya. Manfaatkan beragam gerakan yoga yang terkait dengan ekspansi dan kontraksi otot panggul untuk merapatkan vagina secara alami. Tentu saja, Anda juga bisa melakukan yoga di rumah sendiri tanpa perlu mendatangi pusat kebugaran.

 

Sahabat Ayu, itulah tadi delapan cara merawat vagina setelah melahirkan. Menjaga kesehatan, kebersihan, serta kerapatan vagina sangat penting untuk Anda yang menginginkan hubungan suami istri yang semakin harmonis. Memiliki vagina kencang bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Good luck!