mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

6 Penyebab Sakit di Bagian Kemaluan Wanita

Diterbitkan pada 26 Agustus 2018


Pernah merasa sakit dan nyeri di area miss V? Ada beberapa kemungkinan penyebab sakit di bagian kemaluan wanita. Bisa karena iritasi, peradangan, terjadi benjolan, dan lainnya. Wanita harus selalu waspada karena penyakit kelamin tidak selalu menunjukkan gejala-gejala yang jelas. Tanpa disadari, hal itu dapat berakibat buruk bagi kesuburan wanita. Kenali kemungkinan penyebab sakit di bagian kemaluan wanita agar Sahabat Ayu bisa mengambil tindakan yang tepat.

Endometriosis

Sering merasakan nyeri di area miss V saat sedang menstruasi ataupun penetrasi? Bisa jadi itu adalah gejala endometriosis atau penyakit radang panggul. Coba cek apakah ada perubahan di vagina dan waspadai bila muncul cairan berlebihan. Endometriosis dapat terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim justru tumbuh di tempat lain. Bila hal itu terjadi, maka segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan pangggul dan USG. Hal ini untuk mengetahui apa penyebab pasti dari keluhan yang Sahabat Ayu rasakan.

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri pada miss V dapat menimbulkan rasa nyeri, bau tidak sedap, dan gatal di bagian kemaluan wanita. Selain itu juga bisa memicu gangguan menstruasi ataupun pendarahan tidak normal di luar siklus menstruasi. Hal ini biasanya menjadi pertanda infeksi bakteri vaginosis ataupun trikomoniasis yang telah berkembang di area vagina.

Bila terjadi sakit, gatal terus menerus, keluar cairan yang aneh dan tidak seperti biasanya, Sahabat Ayu harus segera menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Terlebih jika Anda punya bagian kemaluan sensitif sehingga lebih rentan terkena risiko infeksi bakteri. Untuk mengobatinya, biasanya Sahabat Ayu membutuhkan obat antibiotik.

Keputihan tidak normal

Keputihan yang normal bermanfaat untuk membersihkan, melembapkan, dan mencegah infeksi pada miss V secara alami. Keputihan yang normal biasanya ditandai oleh cairan yang jernih atau putih dengan tekstur sedikit encer dan lengket. Namun, bila cairan keputihan berwarna kuning seperti nanah, kehijauan, atau bercampur bercak darah, ini dapat merupakan gejala terjadinya masalah pada miss V. Apalagi bila disertai dengan bengkak, kemerahan, rasa terbakar dan nyeri di sekitar perut bagian bawah, maka Sahabat Ayu sebaiknya segera memeriksakan diri.

Salpingitis

Salpingistis dapat menimbulkan gejala keluar bercak dari bagian kemaluan wanita, rasa sakit saat menstruasi (dismenorea), sakit di bagian kemaluan wanita saat berhubungan seksual, dan nyeri. Bila terus berlanjut, hal ini dapat menimbulkan peradangan saluran tuba dan menyebabkan kerusakan permanen pada saliran tuba. Salpingitis dapat mengakibatkan infertilitas pada wanita bila tidak segera ditangani dengan tepat. Segera periksakan dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan yang benar.

Infeksi jamur

Bila miss V terasa kering dan gatal, ada kemungkinan vagina terinfeksi oleh jamur. Infeksi jamur biasa disertai dengan keputihan atau keluarnya lendir dari miss V. Hal ini bisa ditularkan melalui hubungan seksual. Meskipun banyak obat jamur tersedia di apotek, sebaiknya lakukan juga pemeriksaan di dokter spesialis. Hal ini juga bisa dicegah dengan pemakaian cairan pembersih area kewanitaan seperti Sumber Ayu yang pH-nya telah disesuaikan dengan kondisi miss V wanita.

Herpes genitalis

Pernah merasakan nyeri yang luar biasa di daerah vagina? Kemungkinan itu adalah gejala dari herpes genitalis yang ditandai dengan rasa nyeri dan lecet. Mungkin pada awalnya gejala penyakit ini tidak begitu terasa, namun bila sudah terinfeksi, virus ini akan tetap hidup meskipun tidak aktif.

Tanda-tanda terinfeksi virus ini yaitu miss V terasa panas seperti terbakar dan sakit saat buang air kecil. Bila Sahabat Ayu merasakan adanya benjolan dan lecet yang tidak biasa di area miss V, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan. 

 

Ada banyak kemungkinan penyebab sakit di bagian kemaluan wanita. Sahabat Ayu perlu melakukan pemeriksaan secara rutin agar terhindar dari bahaya berbagai macam penyakit, infeksi jamur, dan bakteri. Menjaga kebersihan dan kesehatan miss V merupakan cara terbaik untuk mengatasi penyakit kelamin. Selalu rawat miss V dengan Sumber Ayu new improved formula yang mengandung ekstrak daun sirih untuk membersihkan serta menjaga kesehatan area kewanitaan.
 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt