mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

6 Gejala Kanker Mulut Rahim yang Tak Boleh Diabaikan

Diterbitkan pada 14 Juli 2018



Mulut rahim adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi seorang wanita. Apalagi, saat ini banyak sekali wanita yang terserang kanker mulut rahim tanpa sepengetahuan mereka. Memang, gejala dari kanker ini tergolong cukup halus dan susah dikenali. Namun, bila Sahabat Ayu sudah merasakan enam hal di bawah ini, sebaiknya segera periksa ke dokter karena bisa jadi ini adalah awal dari kanker mulut rahim.

Pendarahan di luar masa menstruasi

Gejala kanker mulut rahim pertama yang cukup jadi tanda awal adalah adanya pendarahan di luar masa menstruasi Sahabat Ayu. Meski hal ini tak melulu menjadi penyebab kanker mulut rahim, Sahabat Ayu tak boleh meremehkannya. Apalagi ketika mendapati hal ini lebih dari satu kali. Segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Siapa tahu mungkin bukan kanker mulut rahim, tapi ada anomali lain yang terjadi di mulut rahim atau miss V Sahabat Ayu.

Lendir berwarna merah muda dengan bau tak sedap yang keluar dari miss V

Selain adanya pendarahan yang abnormal, keluarnya lendir berwarna merah muda dan baunya tak sedap juga bisa menjadi pertanda dari kanker mulut rahim. Lendir ini berbeda dengan keputihan yang berwarna bening dan wajar terjadi.

Namun, meski tak terjadi warna merah muda, tapi bila lendir yang keluar dari miss V milik Sahabat Ayu berwarna kuning hijau atau coklat dan muncul di luar masa menstruasi, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Hal ini bisa menjadi indikasi terjadinya infeksi jamur pada miss V.

Rasa sakit berlebihan pada pelvis

Bagian tengah panggul atau pelvis yang kerap terasa sakit bisa menjadi indikasi gejala kanker mulut rahim, apalagi ketika rasa sakitnya kerap datang. Memang rasa ini wajar saat Sahabat Ayu sedang mengalami masa menstruasi, tetapi bila tidak, sebaiknya berhati-hati. Ada baiknya untuk bertanya pada dokter mengenai hal ini. Bisa jadi ini juga pertanda dari penyakit lain, seperti cedera pada tulang panggul atau hal lainnya.

Punggung pegal dibarengi berat badan yang menurun drastis

Berat badan yang menurun drastis meskipun Sahabat Ayu kerap makan dalam jumlah besar sebaiknya tak dianggap sebagai sebuah berkah dengan cepat. Meski bahagia bisa turun berat badan, bila hal ini dibarengi dengan punggung yang kerap sakit dan gejala lainnya di atas, bisa jadi hal ini karena sel kanker tersebut sudah bekerja di dalam tubuh Sahabat Ayu.

Rasa lelah yang aneh

Selain gejala-gejala di atas, gejala lainnya yang bisa jadi penanda kanker mulut rahim adalah rasa lelah yang aneh. Rasa lelah ini kerap datang, bahkan saat Sahabat Ayu baru selesai istirahat yang cukup. Memang hal ini merupakan gejala kecil, tetapi bila datang bersamaan dengan gejala lainnya di atas, Sahabat Ayu perlu berhati-hati.

Kualitas BAB yang buruk

Hal lain yang bisa menjadi petunjuk dari kanker mulut rahim adalah kualitas BAB yang buruk. Dalam hal ini, maksudnya adalah Sahabat Ayu kerap mengeluarkan pembuangan yang berwarna menghitam atau terlalu encer. Padahal, BAB yang sehat adalah berwarna kecoklatan dan bentuknya padat.

Apa penyebabnya?

Penyebab kanker mulut rahim adalah karena adanya infeksi. Infeksi mulut rahim ini disebabkan oleh HPV atau Human Papilloma Virus yang membuat sel-sel sehat di dalam Miss V Sahabat Ayu bergerak abnormal hingga terjadi kanker. Sebagai langkah pencegahan untuk meminimalisir terjadinya risiko kanker mulut rahim, Sahabat Ayu sangat dianjurkan untuk melakukan vaksin HPV.

Seperti apa bentuk mulut rahim yang sehat?

Bentuk mulut rahim juga bisa menjadi pertanda apakah Sahabat Ayu memiliki mulut rahim yang sehat atau tidak. Cara mengeceknya mudah, cukup raba daerah Miss V sahabat Ayu dan rasakan apakah ada benjolan yang terasa sakit saat dipegang di bagian tersebut. Bila tidak, jangan khawatir. Namun, bila iya, segera periksakan ke dokter.

Intinya memang Sahabat Ayu harus rajin melakukan pemeriksaan. Utamanya ketika sudah berada di usia 21 tahun ke atas. Lakukan berbagai prosedur yang dibutuhkan agar kesehatan miss V tetap terjaga.

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt