5 Tips Kecantikan Kulit yang Mudah dan Wajib Kamu Coba

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang cantik dan berseri. Namun, sayangnya tak semua wanita terlahir dengan kulit yang indah. Beberapa ada yang perlu melakukan perawatan tertentu untuk mendapatkannya. Tak hanya bagi wanita single, wanita yang sudah berumah tangga pun perlu merawat kulit mereka agar tetap cantik. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Sahabat Ayu, perawatan kulit tak harus yang mahal. Ada banyak tips kecantikan kulit yang bisa dilakukan di rumah secara sederhana. Berikut beberapa contoh yang bisa Sahabat Ayu coba di rumah.

Biasakan Memakai Tabir Surya Saat Keluar Ruangan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sinar matahari dapat memicu kerusakan kulit. Sinar ultraviolet matahari dapat menyebabkan timbulnya pigmentasi sehingga akan membuat kulit terlihat lebih gelap dan bahkan timbul flek-flek hitam. Hal ini tentu saja cukup menjadi masalah, terutama bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan saat siang hari.

Untuk itu, Anda harus melindungi kulit Anda dengan memakai tabir surya. Tabir surya berfungsi untuk menangkal dampak buruk sinar matahari sehingga kulit akan terbebas dari rasa terbakar atau pigmentasi. Pemakaian tabir surya adalah salah satu tips kecantikan kulit tubuh sehingga Anda bisa memakaikannya di tangan, kaki, wajah, dan bagian tubuh lainnya yang terekspos matahari.

Tak Ada Salahnya Mencoba Bahan Tradisional

Tips kecantikan kulit tradisional juga tak kalah penting untuk mendapatkan kulit yang cantik dan berseri. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membuat masker dari bahan alami. Penggunaan bahan alami ini lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia. Selain itu, cara ini juga lebih mudah dan terjangkau untuk dilakukan. Kombinasikan bahan seperti madu, alpukat, yoghurt, susu, pisang, kentang, tomat, stroberi dan lainnya hingga membentuk pasta. Lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan, kemudian cuci hingga bersih.

Rajin Mencuci Muka Sebelum Tidur

Menjaga kecantikan kulit tak hanya pada bagian tangan dan kaki, tapi Anda juga perlu memperhatikan tips kecantikan kulit muka. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat wajah tetap bersih dan sehat adalah dengan rajin mencuci muka. Rajin mencuci muka bukan berarti Anda harus mencucinya berkali-kali, tetapi sewajarnya saja ketika wajah sedang kotor.

Tips kecantikan kulit untuk membuat wajah senantiasa berseri-seri adalah dengan mencuci muka sebelum tidur di malam hari. Setelah melakukan berbagai aktivitas, baik itu di luar maupun di dalam ruangan, pastinya kulit wajah akan terkena debu dan polusi. Untuk itu, agar tidak berkembang menjadi jerawat, sebaiknya Anda membersihkannya sebelum tidur, bisa dilakukan dengan menggunakan susu pembersih lalu sabun khusus muka.

Lulur untuk Membuat Kulit Tetap Lembap

Salah satu ciri lain dari kulit yang cantik adalah tetap terjaga kelembapannya. Kulit yang lembap akan senantiasa terlihat kenyal dan bercahaya. Sayangnya, kelembapan ini akan terkikis pada saat kita mandi. Kandungan bahan kimia pada sabun yang Anda pakai dapat menyebabkan hilangnya kelembapan alami kulit.

Untuk itu, cobalah untuk luluran setiap tiga atau empat hari sekali karena lulur pada umumnya mengandung bahan pelembap yang mampu mengunci kelembapan alami kulit Anda setelah mandi. Pilih lulur dengan aroma yang menyegarkan agar membuat Anda semakin nyaman memakainya.

Mengendalikan Stres

Tips kecantikan kulit juga harus dilakukan dari dalam, misalnya dengan menghindarkan diri dari stres. Stres dapat memicu ketidakseimbangan hormon yang dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Secara tidak langsung, hal ini akan berpengaruh pada kulit yang berubah menjadi lebih kusam dan cenderung berjerawat karena lebih mudah terserang bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Tips kecantikan kulit di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, hasilnya pun juga bervariasi untuk masing-masing orang. Perawatan secara alami di atas memang memerlukan kesabaran. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka kulit cantik dan bersih bukan lagi impian.