mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Suka Merasa Cemburu Berlebihan? Atasi dengan 5 trik Mudah Berikut

Diterbitkan pada 15 Agustus 2019

(Gambar 1. Trik Mengatasi Rasa Cemburu Berlebih dalam Rumah Tangga)



Rasa cemburu memang wajar bagi setiap pasangan, terlebih lagi bagi pasangan yang sudah menikah dan berumah tangga. Cemburu juga disebut-sebut sebagai salah satu tanda perhatian dan sayang kepada pasangan. Akan tetapi, cemburu yang berlebihan tidaklah baik dan bisa berpengaruh pada kehidupan rumah tangga. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa cemburu berlebihan ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Cari tahu apa yang membuat cemburu

Sebagai pasangan dalam rumah tangga, wajar saja bila Anda merasa cemburu terhadap pasangan. Namun, perlu diingat bahwa cemburu itu juga memiliki batasan-batasan tersendiri. Anda pun juga harus mengetahui hal apa yang membuat sebegitu cemburu dengan pasangan.

Mungkin Anda merasa kesal dengan pasangan dan biasanya Anda lampiaskan dengan marah-marah. Akan tetapi, bila pelampiasan cemburu tanpa ada alasan yang kuat dan tidak berdasar, berarti Anda tergolong orang yang posesif. Ada baiknya untuk mengatasi rasa cemburu berlebih ini, Anda harus mengatakan kepada pasangan di manakah letak rasa cemburu tersebut agar semua permasalahan menjadi jelas.

Ciptakan suasana senyaman mungkin dalam rumah tangga

Mengatasi rasa cemburu dalam rumah tangga berikutnya sangatlah mudah. Sahabat Ayu bisa melakukannya dengan membuat diri senyaman mungkin dalam sebuah ikatan pernikahan. Mungkin Anda pernah sesekali memiliki pikiran mengenai “bagaimana jika dia meenemukan wanita lain yang lebih baik?” atau ‘apakah dia memiliki perasaan dan hubungan spesial dengan teman kantornya?”.

Hal-hal seperti itu akan membuat Anda semakin merasa insecure dan selalu membuat gelisah. Cara terbaik untuk menghindari perasaan tersebut dan mengatasi rasa cemburu adalah buatlah diri senyaman mungkin. Anda pun harus yakin jika pasangan saat ini merupakan pilihan yang tepat dan orang terbaik yang Tuhan anugerahkan pada Anda.

Tumbuhkan rasa percaya kepada pasangan

Pernikahan tidak cukup hanya dibangun dengan landasan cinta. Lebih dari itu, sebuah pernikahan haruslah dilandasi dengan rasa percaya yang kuat. Hal ini supaya pasangan dalam mengarungi kehidupan rumah tangga tidak goyah. Kebanyakan, rasa cemburu berlebih muncul karena ketidakpercayaan terhadap pasangan.

Oleh karena itulah, untuk mengatasi rasa cemburu berlebihan Anda perlu melakukan kompromi dengan diri sendiri. Sebaiknya buanglah rasa ketidakpercayaan yang begitu tinggi terhadap pasangan. Ingat, pasangan Anda adalah anugerah terindah dari Tuhan, maka dari itu Anda pun harus senantiasa bersikap positif. Cobalah untuk tanamkan sikap bahwa dia tidak akan menyakiti dan Anda pun mempercayainya jika pasangan Anda bisa melindungi pernikahan yang suci tersebut.

Ciptakan komunikasi yang baik

Selain rasa percaya, keutuhan rumah tangga dapat dibangun dengan baik karena adanya komunikasi yang baik pula. Tidak ada masalah yang tidak dapat terselesaikan melalui komunikasi, terutama dalam mengatasi rasa cemburu yang berlebihan. Anda bisa berdiskusi dan berbicara dari hati ke hati mengenai permasalahan kecemburuan Anda.

Dalam memulai komunikasi tersebut, sebaiknya Anda jangan mengedepankan emosi dan ego dalam diri. Ceritakan apa yang sebenarnya Anda rasakan dan mencari solusi bersama. Tetaplah bersikap objektif dan tingkatkanlah rasa empati. Buatlah komunikasi tersebut menjadi sangat nyaman sehingga terbebas dari kecurigaan dan pikiran-pikiran negatif yang selama ini ada di benak Anda.

Jangan melakukan aksi balasan

Terakhir, hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah sebaiknya Anda jangan melakukan aksi balasan. Pikiran seperti ini mungkin saja terbesit dalam benak Anda. Semisalnya ketika melihat suami berbicara dengan mantan pacarnya dahulu membuat Anda tersulut. Lalu, Anda berencana melakukan hal serupa.

Ada baiknya Anda untuk dapat mengendalikan emosi dan tidak mengambil tindakan tersebut. Sebab, apabila itu dilakukan justru akan memperkeruh suasana dan mengancam kehidupan rumah tangga. Sebesar apapun cemburu dalam diri, hal yang perlu diingat adalah pendendam bukanlah menjadi pilihan yang bijak.

 

Bagaimana, Sahabat Ayu, semoga cara menangani rasa cemburu berlebihan di atas dapat membantu Anda dalam mencari solusi terbaik. Hal ini demi menjaga keutuhan rumah tangga Anda di kemudian hari.

 

 

Sumber:

https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-2608032/5-cara-atasi-cemburu-berlebihan-pada-suami

https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3766572/4-cara-mengatasi-rasa-cemburu-berlebih-dalam-pernikahan

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt