mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Rahasia Membangun Keluarga yang Harmonis dan Bahagia

Diterbitkan pada 14 Mei 2019



Kehidupan keluarga tidak selalu membahagiakan. Kaus kaki kotor di lantai, gulungan tisu toilet yang lagi-lagi habis, hingga tingkah-tingkah anggota keluarga yang bisa menjadi sumber stres membuat konsep keluarga bahagia terasa sulit jadi nyata. Namun, tak ada yang tidak mungkin bila Anda ingin berusaha, Sahabat Ayu. Membangun keluarga yang harmonis dan bahagia sangat bisa Anda lakukan. Apa rahasianya? Berikut informasinya!

Makan, bermain bersama, dan saling mencintai

Tips keluarga harmonis yang pertama adalah makan, bermain bersama, dan saling mencintai. Hubungan keluarga yang harmonis dan bahagia dapat tercipta dengan dinamika keluarga yang benar-benar positif. Buatlah rutinitas makan bersama keluarga lebih menyenangkan. Makan bersama bermanfaat dalam meningkatkan prestasi pada anak-anak, menurunkan kemungkinan gangguan makan pada anak perempuan, hingga menurunkan tingkat depresi pada anak.

Tapi bukan berarti kegiatan makan bersama harus serius dan formal. Ritual sederhana dan lucu adalah hal yang akan anak-anak ingat ketika mereka dewasa. Cobalah menyajikan menu sarapan untuk makan malam dan sebaliknya, atau menonton kartun di hari Sabtu pagi sambil sarapan. Hal-hal yang tidak memerlukan biaya sepeser pun tersebut sangat sederhana, namun sangat ampuh untuk membuat anggota keluarga lebih dekat dengan satu sama lain.

Habiskan waktu bersama di rumah

Berapa banyak keluarga yang anggota keluarganya berada di rumah tapi tidak menghabiskan waktu bersama? Itu masalahnya. Kini banyak keluarga yang berada di rumah tanpa saling bertatap muka. Jadi, cobalah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ketika semua anggota keluarga sedang berada di rumah. Melakukan kegiatan sederhana seperti masak bersama dan nonton film di TV pada malam hari bisa menjadi momen yang bermakna bagi keluarga.

Jadilah orang tua yang keren

Apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi orang tua yang keren, Sahabat Ayu? Mudah, menciptakan ruang untuk anak-anak Anda dan teman-teman mereka di rumah adalah salah satu hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan. Jadi, Anda bisa memasang ring basket, menyiapkan board dan video games, serta camilan sehat untuk anak Anda dan teman-temannya. Seiring bertambahnya usia, anak-anak Anda cenderung berteman dengan orang lain yang punya nilai dan minat yang sama. Anda bisa mencari tahu banyak tentang anak Anda dengan cara mengetahui bersama siapa mereka berteman.

Berikan pelukan

Bila Anda pernah dipijat atau merasa terhibur oleh pelukan, Anda pasti tahu seberapa besar pengaruh dari sentuhan fisik. Keluarga yang harmonis dan bahagia cenderung menunjukkan banyak kasih sayang secara fisik. Sentuhan merupakan bagian dari komunikasi dan dapat memupuk koneksi antar anggota keluarga. Jadi, berikanlah pelukan kepada anggota keluarga Anda setidaknya sekali dalam sehari, Sahabat Ayu. Kebiasaan kecil ini mungkin terlihat tidak penting, namun sangat besar manfaatnya bagi keharmonisan dan kebahagiaan keluarga. Mendapat pelukan dari orang yang Anda sayang akan membuat perasaan lebih tenang dan menciptakan kehangatan.

Bangun humor keluarga

Anda tidak harus belajar caranya melucu untuk membangun humor keluarga, Sahabat Ayu. Humor bukan tentang secara sadar mencoba menjadi lucu, hal ini lebih ke bagaimana cara Anda membuat suasana rumah jadi terasa lebih “hidup”. Kejadian-kejadian menyebalkan seperti menumpahkan air dari gelas atau  bisa menjadi kisah lucu bagi keluarga Anda. Cobalah untuk tidak terlalu bersikap serius terhadap segala sesuatu, dan carilah humor di keluarga Anda.

 

Itulah rahasia membangun keluarga yang harmonis dan bahagia, Sahabat Ayu. Dengan mengetahui cara membangun keluarga bahagia, kini Anda bisa mendapatkan keluarga harmonis dan bahagia untuk Anda sendiri. Semoga tips keluarga harmonis di atas dapat bermanfaat dan Anda terapkan, ya!
 
ARTIKEL TERKAIT
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt