mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Menikah dengan Pasangan Pria Lebih Muda, Kenapa Tidak?

Diterbitkan pada 28 Februari 2018


Sahabat Ayu, memiliki pasangan pria lebih muda bukan lagi menjadi suatu hal yang tabu saat ini. Meskipun beberapa orang masih merasa normalnya wanita menikah dengan pasangan yang usianya lebih tua atau sepantaran, faktanya usia tidak menjadi jaminan langgeng atau tidaknya sebuah pernikahan. Pasangan selebriti seperti Ussy Sulistiowati dan Andhika Pratama merupakan salah satu pasangan yang usianya terhitung berbeda jauh, yaitu tujuh tahun.

Nah, untuk Anda yang memiliki pasangan lebih muda, berikut ini merupakan beberapa tips menjalin keharmonisan hubungan yang bisa langsung dipraktikkan di rumah. Yuk, simak!

Menjaga komunikasi

Salah satu kunci kebahagiaan berumah tangga adalah adanya komunikasi dan interaksi yang nyaman antara pasangan suami dan istri. Terlebih bagi Anda yang memiliki pasangan lebih muda, maka perlu dipahami bahwa komunikasi tidak sekadar ‘berbicara’. Komunikasi tidak selalu dilakukan dengan cara-cara formal dan verbal. Kadang ekspresi wajah dan bahasa tubuh pasangan Anda sudah mengisyaratkan suatu pesan tertentu.

Meski tanpa berbicara, mengobrol, atau menulis pesan, namun ada banyak pesan yang dapat tersampaikan lewat ekspresi wajah dan bahasa tubuh Anda. Kemampuan memahami dan mengerti pesan yang tersampaikan lewat komunikasi nonverbal ini akan sangat banyak membantu Anda mengatasi kebuntuan hubungan dengan pasangan.

Saling menghargai dan menghormati

Menghargai dan menghormati juga menjadi bagian yang penting dalam menjalani hubungan dengan pasangan yang usianya lebih muda. Kadang sifat kekanak-kanakan pasangan bisa menjadi masalah besar di hubungan Anda. Jadi, pastikan bahwa sebagai pasangan Anda berkomitmen untuk selalu menghargai dan menghormati segala pendapat dan keputusannya. Sebisa mungkin hindari perdebatan atas hal-hal yang bersifat sepele yang sebenarnya bisa didiskusikan bersama.

Bersikap fleksibel

Secara psikologis, meski sebaya, pemikiran wanita jauh lebih matang dibandingkan pria. Apalagi, apabila Anda berpasangan dengan pria yang usianya lebih muda. Perbedaan usia ini juga membuat Anda dan pasangan seolah berada dalam tahap kehidupan yang berbeda. Namun, masalah perbedaan tersebut bisa diatasi selama Anda dapat bersikap lebih fleksibel. Artinya, sesekali ikutlah pasangan Anda yang masih hobi nongkrong bersama teman-temannya.

Bukan berarti menjadi mata-mata di pergaulan pasangan, namun dengan melakukan hal ini Anda akan tahu lingkungan pergaulan serta orang-orang yang ada di sekeliling pasangan Anda. Tak jarang, Sahabat Ayu akan menemukan kembali jiwa dan semangat muda yang mungkin telah memudar. Ini dapat menjadi salah satu keuntungan pasangan yang lebih muda.

Jadi pendengar yang baik

Meskipun usia Anda lebih tua jika dibandingkan dengan pasangan, sebaiknya tidak mendominasi segala urusan rumah tangga. Ingatlah bahwa pasangan pria lebih muda tetap saja memegang peran sebagai kepala rumah tangga dan nahkoda di dalam hubungan Anda. Jadilah pendengar yang baik untuknya setiap saat. Hal ini wajib dilakukan agar tidak ada pihak yang tertekan secara perasaan dan kejiwaan karena tidak bisa mengekspresikan keinginan dan pendapatnya.

Selalu meluangkan waktu untuk pergi bersama

Sahabat Ayu, Anda mungkin berpikir bukan waktunya lagi bagi Anda untuk bersenang-senang. Tetapi tak ada salahnya untuk selalu meluangkan waktu pergi bersama pasangan setiap akhir pekan atau berlibur ke tempat-tempat menarik yang bisa membuat pikiran dan suasana hati menjadi lebih fresh. Meski sudah menikah, Anda dan pasangan tetap bisa saling menunjukkan sisi romantis agar rasa cinta tetap dipupuk dengan baik.

Percaya diri

Memiliki pasangan pria lebih muda mungkin membuat Anda merasa harus selalu tampil trendi seperti wanita yang seumuran dengan pasangan, padahal sebenarnya tidak harus seperti itu. Tampilah percaya diri dengan gaya busana, makeup, dan kebiasaan Anda apa adanya. Anda pasti akan terlihat cantik natural dan tetap menarik di mata pasangan.

Sebaliknya, biarkan pasangan Anda tampil dengan gaya dan kepribadiannya sendiri, tanpa harus menyuruhnya menyesuaikan diri seperti pria yang seumuran dengan Anda. Terlalu memaksa pasangan tampil sesuai keinginan Anda terkadang justru membuatnya merasa tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya dirinya.

 

Sahabat Ayu, meski pasangan lebih muda, ia juga punya pendirian dan pendapat yang harus dihargai. Jadi, bersikaplah bijak dengan selalu mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak supaya hubungan tetap awet dan langgeng.

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt