mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Cara Terbaik Agar Hubungan dengan Mertua Lebih Harmonis

Diterbitkan pada 15 Agustus 2019

Photo Credit: Pexels


Sahabat Ayu, setelah menikah ada banyak hal yang harus Anda pelajari. Tidak terkecuali cara menjalin hubungan dengan mertua, yang sering kali dianggap menakutkan. Namun demikian, seiring berjalannya waktu dengan sendirinya Anda akan bisa beradaptasi dengan kepribadian juga karakter dari orangtua suami. Jangan salah, tidak sedikit anak menantu yang justru sangat disayangi oleh mertuanya, lho! Ingin disayang mertua juga? Berikut beberapa cara yang bisa Sahabat Ayu lakukan.

Berikan kasih sayang dan perhatian seperti orang tua kandung

Kasih sayang dan perhatian menjadi kunci utama yang harus dimiliki ketika Anda ingin menjalin hubungan dengan mertua secara harmonis. Tanamkan di pikiran Anda bahwa setelah menikah, orang tua suami adalah orang tua Anda juga. Jadi, sudah selayaknya untuk diberikan kasih sayang dan perhatian yang sama. Cobalah untuk menciptakan keakraban dengan membangun komunikasi yang baik. Sekadar mengobrol atau membuatkan menu makanan kesukaan mereka di sela-sela kesibukan beraktivitas akan membuat mertua merasa disayangi dan diperhatikan.

Mengapresiasi hal positif yang dilakukan mertua

Alih-alih memberikan pujian atas penampilan mertua secara berlebihan, sebaiknya Sahabat Ayu memberi apresiasi terhadap hal positif yang dilakukan. Pasalnya, pujian yang diberikan secara berlebihan justru akan terkesan ‘menjilat’. Mengapresiasi bentuk kegiatan positif yang dilakukan mertua itu mudah, kok. Misalnya, ucapkan terima kasih atas sekecil bantuan apapun yang dilakukan atau diberikan. Dengan begitu, mertua akan lebih merasa dihargai oleh Sahabat Ayu sebagai menantu.

Selalu menjaga sopan santun

Pola asuh mertua dan orang tua kandung terhadap anak-anaknya mungkin saja berbeda, jadi sebaiknya jangan pernah membandingkan hal ini. Selain dapat memicu perselisihan, hal ini juga akan membuat Sahabat Ayu terlihat tidak sopan di mata mertua. Sebaliknya, jagalah sopan santun dengan cara berbicara lembut dan memperlakukan mertua dengan sebaik-baiknya, Walau bagaimana pun suami Anda dibesarkan oleh kedua orang tuanya dengan sepenuh hati dan kerja keras.

Sesekali meminta nasihat dan pendapat mertua

Terlalu banyak melibatkan mertua pada urusan rumah tangga memang bukan hal yang bijaksana. Namun, bukan berarti Anda mengabaikan keberadaannya begitu saja. Sesekali waktu mintalah nasihat dan pendapat mertua tentang keputusan yang akan diambil. Hubungan dengan mertua akan terjalin baik melalui keterlibatan ini. Akan tetapi, hindari untuk menceritakan keburukan suami agar tidak menyinggung perasaan mertua, ya!

Jadwalkan liburan bersama dengan mertua

Sahabat Ayu, mengajak mertua liburan bersama terbukti ampuh membangun hubungan yang harmonis lho! Tidak harus bepergian dalam jarak jauh, sekadar menghabiskan waktu di rumah untuk memasak atau berkunjung ke tempat rekreasi keluarga juga sudah cukup. Beruntung jika Anda memiliki hobi yang kebetulan sama dengan mertua. Waktu liburan bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas hobi bersama-sama.

Beri hadiah di hari ulang tahunnya!

Ingin hubungan dengan mertua semakin harmonis? Anda bisa memberi hadiah di hari ulang tahunnya. Berikan kado special berupa cupcake buatan sendiri atau mengajaknya makan malam di tempat favorit juga bisa. Jika mertua bukan tipe orang yang senang menerima hadiah, Sahabat Ayu bisa memberi perhatian yang tulus dalam bentuk lainnya. Misalnya, membantu pekerjaan rumah atau memasak bersama. Meski terlihat sepele, kedua hal ini bisa membantu Anda menciptakan hubungan harmonis dengan orang tua suami.

 

Itulah enam tips yang bisa Sahabat Ayu lakukan untuk membangun hubungan dengan mertua yang harmonis. Bagi pasangan yang baru menikah, pastikan selalu mengunjungi rumah orangtua dan mertua secara rutin. Dengan begitu, keduanya tidak merasa terabaikan begitu saja. Jika sudah tercipta hubungan yang harmonis, sebisa mungkin selalu pertahankan kondisi tersebut, ya!

 

 

Sumber:

https://www.popmama.com/life/relationship/atika-dian/tips-menjaga-hubungan-harmonis-dengan-mertua/full

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3937313/5-tips-menjalin-hubungan-baik-dengan-mertua-tanpa-drama
 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt