5 Tips Penting untuk Bangun Rumah Tangga Bahagia

Setiap pasangan menikah pasti mendambakan rumah tangga yang bahagia. Namun, perlu diingat bahwa rumah tangga yang bahagia bukanlah sebuah tujuan akhir, melainkan sebuah perjalanan yang prosesnya membutuhkan pembelajaran dari masing-masing pasangan. Agar dapat merasakan hal tersebut, berikut beberapa tips rumah tangga yang bisa diterapkan agar Anda dan pasangan bisa terus bahagia.

Kemampuan dalam Berkompromi

Sebelum menikah, mungkin Anda dan pasangan sudah berpacaran selama beberapa tahun. Meski begitu, jangan terlalu percaya diri bahwa Anda dan pasangan sudah sangat mengenali satu sama lain. Pasalnya, setelah menikah, pasti akan ada saja hal-hal baru yang Anda pelajari dari suami, mulai dari sifat hingga berbagai kebiasaannya. Nah, hal inilah yang biasanya membuat pasangan merasa kaget. Untuk itulah dibutuhkan kemampuan kompromi agar Anda dan pasangan bisa saling menerimanya.

Misalnya, suami memiliki kebiasaan suka meletakkan pakaian kotor di sembarang tempat. Anda berhak menegur suami terkait hal tersebut. Namun, yang namanya kebiasaan tentu akan susah untuk berhenti hanya dalam satu malam. Untuk itu, Anda harus berkompromi. Coba perhatikan di mana suami paling sering meletakkan pakaian kotor, lalu letakkan keranjang khusus di tempat tersebut agar suami bisa langsung memasukkan pakaian kotornya.

Adu Argumen Boleh Saja, Tapi….

Kondisi rumah tangga bahagia selamanya bukan berarti Anda dan pasangan akan terbebas dari yang namanya adu argumen. Perbedaan pendapat itu pasti ada, dan hal inilah yang kerap menimbulkan argumen. Karena sifatnya yak tak dapat dihindari, Anda dan pasangan perlu belajar untuk menangani hal ini.

Ketika mulai muncul tanda bahwa Anda dan suami akan berargumen, stabilkan kondisi emosi Anda. Sebisa mungkin jangan terlibat argumen dalam keadaan marah karena Anda bisa mengeluarkan kata-kata yang nanti akau disesali. Dengarkan argumen suami hingga selesai, lalu utarakan pendapat Anda. Cobalah untuk selalu tenang. Ingatkan pula suami untuk melakukan yang sama. Dengan begini, Anda dan suami bisa tetap berargumen secara sehat,

Memberikan Waktu Sendiri pada Pasangan

Kecuali harus menjalani hubungan jarak jauh, idealnya pasangan menikah akan tinggal di dalam satu atap. Meski begitu, bukan berarti Anda harus melakukan segala sesuatunya berdua. Bagaimana pun juga, setiap orang membutuhkan waktu sendiri atau me time, begitu juga dengan Anda dan suami.

Nah, agar rumah tangga bahagia, beri ruang kepada suami apabila ia memang sedang ingin sendiri. Sahabat Ayu juga bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk me time sendiri. Dengan melakukan me time masing-masing, Anda dan suami bisa memahami diri sendiri secara lebih baik dan mendalam. Me time juga dapat meningkatkan mood sehingga nantinya akan berdampak positif terhadap hubungan Anda dan suami.

Beri Pujian untuk Apresiasi

Mendapatkan pujian dari orang lain atas sesuatu yang kita lakukan dapat menimbulkan perasaan senang dalam diri. Nah, Sahabat Ayu bisa menerapkannya dalam hubungan dengan suami. Jangan malu atau gengsi untuk memberi pujian kepada suami. Pujian merupakan bentuk apresiasi bahwa Anda menghargai hal yang telah dilakukan oleh suami.

Dalam memberikan pujian pun, usahakan untuk menjelaskannya secara spesifik. Jangan hanya mengatakan bahwa ia merupakan suami yang baik. Anda bisa memberikan pujian yang lebih spesifik seperti, “Terima kasih sudah mau membelikan telur. Kalau tidak ada kamu, mungkin masakan ini tidak akan pernah jadi.”

Rutin Mengadakan Ritual Spesial

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencapai rumah tangga bahagia dunia akhirat adalah dengan rutin mengadakan ritual spesial. Bisa dibilang ritual ini merupakan quality time Anda dan suami. Dengan membuat jadwal, Anda dan suami pun punya sesuatu untuk ditunggu-tunggu berdua. Hubungan di antara kalian pun bisa terus langgeng dan harmonis.

Ritual spesial ini tidak perlu yang mewah. Memang, tidak ada salahnya melakukan dinner spesial di restoran yang agak mahal. Namun, hal sesimpel menonton serial televisi di rumah setiap weekend atau memasak bersama saat hari Minggu sudah cukup manis untuk dijadikan ritual spesial.

 

Itulah beberapa tips rumah tangga bahagia yang bisa Anda dan suami terapkan di rumah. Ingat, setiap pasangan tentu memiliki dinamika hubungan sendiri-sendiri, jadi jangan memaksakan diri apabila ada tips yang sekiranya kurang cocok diterapkan pada hubungan Anda dan suami.