mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME LIVE CHAT ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Badan Setelah Melahirkan

Diterbitkan pada 23 Januari 2020

Sahabat Ayu mungkin merasa belum siap berhubungan badan setelah melahirkan. Kebanyakan merasa takut karena berhubungan badan bisa mengganggu proses pemulihan luka paska melahirkan. Tubuh juga mungkin terasa lelah paska proses melahirkan yang panjang dan tugas baru merawat bayi tentu akan menyita waktu istirahat.

Meski begitu, berhubungan badan tetap harus dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri. Memang ada jeda waktu tertentu bagi tubuh untuk memulihkan diri agar siap berhubungan badan kembali. Lalu, kapankah waktu yang paling tepat untuk berhubungan setelah melahirkan? Berikut penjelasannya.

Bolehkah berhubungan badan setelah melahirkan?

Ada jeda waktu tertentu agar tubuh wanita bisa siap berhubungan badan kembali setelah melahirkan. Biasanya yang digunakan sebagai patokan adalah masa nifas (perdarahan setelah melahirkan). Masa nifas pada umumnya berlangsung selama kurang lebih tiga minggu. Walau begitu, ada beberapa kondisi yang membuat kesiapan wanita untuk berhubungan badan kembali setelah melahirkan berbeda-beda.

Namun, biasanya dokter menggunakan metode persalinan sebagai patokan kesiapan wanita untuk berhubungan badan setelah melahirkan. Berikut uraiannya.

  • Bagi wanita yang melahirkan dengan persalinan vaginal

Bagi wanita yang melahirkan dengan persalinan vaginal, diperkirakaan bisa berhubungan badan 6 minggu setelah melahirkan. Rentang waktu 6 minggu dianggap sudah pas untuk pemulihan tubuh dan luka bekas proses persalinan. Vagina juga sudah lebih siap di waktu ini, Namun, untuk lebih pastinya lagi, Sahabat Ayu bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan terkait hal ini.

  • Bagi wanita yang melahirkan dengan persalinan caesar

Pemulihan wanita yang melahirkan dengan persalinan caesar (atau prosedur bedah lainnya), tentu akan berbeda dengan wanita yang melahirkan melalui persalinan vaginal. Kebanyakan wanita yang melalui persalinan metode caesar akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Ini karena bekas luka paska pembedahan caesar bisa bertahan lama, bahkan lebih dari 6 minggu. Kesiapan untuk bisa berhubungan intim kembali pun akan lebih lama.

Kondisi lain yang bisa mempengaruhi

Selain karena metode persalinan yang dijalani, kesiapan wanita untuk berhubungan badan kembali juga dipengaruhi oleh hormon. Transisi dari masa kehamilan menjadi paska kehamilan tentu akan mengubah hormon di dalam tubuh wanita. Perubahan ini tentu akan mempengaruhi gairah wanita untuk berhubungan intim.

Salah satunya adalah karena pengaruh hormon prolaktin. Hormon yang satu ini bertanggung jawab untuk memproduksi ASI (Air Susu Ibu). Selain memproduksi ASI, hormon prolactin ternyata juga bisa mempengaruhi gairah wanita untuk berhubungan badan setelah melahirkan. Dengan gejala-gejala seperti ini, Andalah yang paling tahu kapan waktu yang paling tepat untuk berhubungan badan kembali.

Tips berhubungan badan setelah melahirkan

Jika Anda sudah merasa siap untuk melakukan hubungan intim kembali paska melahirkan, tetaplah harus berhati-hati dalam melakukannya. Tubuh Anda mungkin tidak langsung siap untuk berhubungan badan seperti ketika belum mengandung dulu. Untuk itu, pastikan untuk selalu berhubungan badan dengan lembut dan tidak terburu-buru.

Sahabat Ayu juga tidak harus terburu-buru untuk melakukan hubungan badan dengan penetrasi. Ingat, orgasme juga bisa dicapai meski tanpa melalui penetrasi, lho.

 

Kunci dari berhubungan badan setelah melahirkan adalah tidak terburu-buru. Tentu akan datang waktu yang tepat bagi Sahabat Ayu untuk berhubungan badan kembali paska persalinan. Selalu berkomunikasi dengan pasangan terkait kondisi Anda usai melahirkan. Pengertian dari kedua belah pihak sangat dibutuhkan untuk bisa mencapai kesepakatan tentang berhubungan badan setelah melahirkan.

 

 

Sumber:

https://www.webmd.com/sex-relationships/news/20190214/is-there-a-right-time-for-sex-after-childbirth

https://www.alodokter.com/jangan-takut-berhubungan-pasca-melahirkan

https://id.theasianparent.com/jarak-berhubungan-intim-setelah-melahirkan

 
ARTIKEL TERKAIT
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt