mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Makin Dekat dengan Keluarga Lewat 5 Permainan Ini

Diterbitkan pada 10 Januari 2018
Ada pepatah yang mengatakan bahwa keluarga adalah segalanya. Mungkin hal tersebut benar adanya. Namun, sayang tak semua orang bisa memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga setiap saat. Adanya pekerjaan dan hal-hal lain yang harus segera diselesaikan membuat mereka hampir tidak memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh sebab itu, ketika libur di akhir pekan sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Salah satunya bisa Sahabat Ayu lakukan dengan permainan keluarga. Berikut permainan keluarga yang bisa dilakukan agar makin dekat dengan keluarga.

Tebak Gambar
Permainan keluarga pertama yang bisa Sahabat Ayu coba adalah tebak gambar. Cara ini bisa Sahabat Ayu lakukan di Sabtu sore sambil menunggu waktu makan malam. Ajak Ayah dan si kecil untuk duduk bersama di atas karpet. Lalu, siapkan beberapa lembar kertas dan pensil. Cara memainkan permainan yang seru ini cukup mudah.
Atur duduk setiap anggota secara melingkar, lalu letakkan pensil dan kertas gambar di tengah. Putar pensil dan ke mana arah pensil menunjuk, dialah yang harus menggambar. Gambar tersebut tak harus diselesaikan hingga sempurna tapi, hanya perlu menggambarnya sebagian saja dan anggota lain yang harus menebaknya. Permainan ini akan memicu daya imajinasi dan kreativitas si kecil.

Bermain Peta Dunia
Untuk menambah wawasan si kecil dalam dunia geografi, Sahabat Ayu bisa mengajaknya untuk menghafal nama-nama negara di dunia melalui permainan keluarga di rumah. Cara tersebut dapat dilakukan melalui permainan tebak-tebakan. Pertama-tama, harus ada satu pemain yang menyebutkan nama salah satu negara. Kemudian anggota lain harus menyebutkan nama negara lainnya yang diawali dari huruf terakhir negara yang disebutkan sebelumnya.
Selain nama negara, Sahabat Ayu juga bisa memilih nama kota-kota di dunia karena lebih banyak. Permainan kelaurga ini adalah cara yang seru untuk belajar bagi si kecil. Nama negara yang sudah disebutkan tidak boleh disebutkan lagi sehingga jika sudah habis, maka gantilah dengan kategori lainnya. Cara yang tepat untuk menambah wawasan si kecil, bukan?

Monopoli
Permainan keluarga indoor lainnya adalah Monopoli. Permainan yang satu ini tak kalah seru dari dua sebelumnya karena tak hanya kemampuan menghitung, Monopoli juga mengandalkan strategi. Maksimal lakukan permainan Monopoli untuk empat orang agar semakin seru. Di permainan ini, Sahabat Ayu akan berperan layaknya seorang kaya yang sedang berkeliling dunia dan membeli tanah serta bangunan di setiap negara. Mereka yang memiliki bangunan dan tanah terbanyak adalah yang berkuasa. Harga sewa yang dipasang pada masing-masing petak bisa membuat peserta yang melangkah di situ jatuh miskin sehingga permainan yang satu ini cukup seru.

Tebak Gaya
Permainan lain yang tak kalah seru adalah tebak gaya. Semakin banyak orang yang ikut serta dalam permainan in,i maka akan semakin seru. Caranya, atur seluruh peserta permainan untuk duduk secara melingkar, lalu siapkan botol platisk bekas dan letakkan di tengah. Putar botol tersebut hingga ujungnya mengarah ke salah satu peserta. Peserta yang mendapat giliraa ini akan berusaha untuk memperagakan gerakan tertentu dan anggota kelaurga yang lain harus menebaknya.

Permainan Tembak Mainan
Permainan ini dilakukan secara outdoor. Coba cari adakah tempat khusus di kota Sahabat Ayu yang menyediakan fasilitas tersebut. Jika ada, kunjungi tempat tersebut di hari Minggu pagi. Tempat wisata yang menyediakan aktivitas permainan keluarga outdoor tidak sulit untuk ditemukan.
Di permainan ini, Sahabat Ayu dan keluarga akan diberi kostum khusus dan tembak mainan yang berisi cairan warna khusus sehingga jika ditembakkan akan mengeluarkan cairan dengan waran sesuai tim atau kubu yang dimainkan. Semakin banyak noda tembak yang didapat, artinya pemain tersebut kalah. Permainan keluarga yang satu ini bisa melepas stres si kecil setelah belajar selama satu minggu.
 
Melalui permainan-permainan keluarga di atas, Sahabat Ayu bisa menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga secara berkualitas. Permainan keluarga tersebut bisa dilakukan secara indoor maupun outdoor. Cobalah semua permainan di atas dan lihat permainan mana yang paling seru menurut anak. Jadi, mana yang akan Sahabat Ayu pilih terlebih dahulu?
 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt