mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME LIVE CHAT ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Jaga Tubuh Tetap Bugar saat Menstruasi dengan Olahraga Berikut

Diterbitkan pada 23 Januari 2020


Menstruasi merupakan siklus yang wajar bagi seorang wanita. Saat menstruasi tiba, biasanya tubuh akan terasa nyeri dan pegal-pegal. Hal tersebut jelas akan mengganggu karena membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Ternyata, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal selama menstruasi. Bukan dengan berbaring atau tiduran, namun justru dengan bergerak. Beberapa jenis olahraga bahkan terbukti mampu mengurangi bahkan menghilangkan nyeri menstruasi. Apa saja jenis olahraga yang tepat dilakukan saat menstruasi?

Berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling murah, sederhana, dan juga minim risiko cidera. Sahabat Ayu juga bisa melakukannya kapan saja saat ada waktu luang. Ternyata jalan kaki jika dilakukan sebelum dan saat menstruasi mampu meredakan rasa nyeri yang timbul. Ditambah dengan pemanasan dan pendinginan ringan, olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan saat sedang menstruasi.

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berjalan kaki. Selain karena belum terlalu ramai oleh kendaraan yang membahayakan keselamatan Anda, udara juga relatif lebih segar karena belum ada sumber polusi. Matahari pun belum tinggi sehingga udara lebih nyaman untuk bergerak. Tidak perlu durasi yang terlalu lama.,15-20 menit saja sudah cukup

Stretching ringan

Saat menstruasi, tubuh akan terasa sangat kaku. Untuk itu, Sahabat Ayu perlu melemaskan otot-otot tubuh agar tidak bertambah kaku. Cara melemaskan otot yang paling mudah adalah dengan melakukan peregangan atau stretching ringan. Olahraga ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, bahkan di dalam kamar.

Salah satu gerakan stretching yang bisa dilakukan adalah duduk dengan posisi kedua kaki terjulur ke depan. Perlahan tekuk tubuh bagian atas hingga tangan mencapai ujung jari kaki. Tahan selama beberapa detik hingga otot-otot di pagian punggung dan pinggang terasa tertarik. Jika tangan tidak mampu mencapai ujung jari kaki, cukup ulurkan hingga jarak yang palung jauh

Menari

Ingin melakukan olahraga yang menyenangkan untuk tetap fit selama menstruasi? Sahabat Ayu bisa coba menari. Tidak ada aturan atau gerakan khusus dalam olahraga ini. Cukup dengan memilih lagu favorit, lalu bergerak mengiringi irama hingga mengeluarkan keringat saja.

Bergerak dengan iringan lagu yang menyenangkan tentu akan membuat Anda melupakan rasa nyeri dan pegal yang biasa muncul pada saat menstruasi tiba. Terlebih jika Sahabat Ayu berkeringat setelah menari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini mampu mengurangi rasa sakit yang timbul karena menstruasi dan memberikan perasaan bahagia.

Yoga                    

Olahraga yoga juga sangat baik untuk dilakukan wanita yang sedang menstruasi. Beberapa asana atau gerakan yoga bahkan terbukti mampu mengurangi rasa nyeri dan mood swing yang biasanya muncul saat menstruasi. Anda bahkan tidak perlu melakukan gerakan yoga yang rumit untuk bisa menjaga kebugaran saat menstruasi.

Gerakan yoga paling dasar, sukhasna, bisa dicoba. Untuk melakukannya pun mudah, Anda cukup duduk tegak kemudian lipat kedua kaki hingga saling menompang. Letakkan kedua tangan pada lutut kaki, kemudian perlahan tarik dan hembuskan nafas. Meski sederhana, gerakan ini mampu menyegarkan pikiranmu kembali dan mengurangi rasa nyeri.

 

Banyak wanita yang merasakan nyeri pada tubuhnya saat menstruasi datang. Ada juga yang mengalami mood swing selama menstruasi. Ternyata semua itu bisa diatasi dengan melakukan empat olahraga yang telah disebutkan di atas. Olahraga bukan hanya bisa menjaga kebugaran tubuh selama menstruasi, tetapi juga bisa mengatasi perubahan suasana hati yang sering terjadi, Yuk, Sahabat Ayu, rutin berolahraga selama periode menstruasi!

 

 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/exercise-during-period

https://www.halodoc.com/6-olahraga-yang-baik-dilakukan-saat-menstruasi

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/olahraga-saat-menstruasi/

 
ARTIKEL TERKAIT
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt