mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME LIVE CHAT ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Cara Bersih dan Aman Buang Air Kecil di Toilet Umum

Diterbitkan pada 23 Januari 2020


Buang air kecil di toilet umum mungkin akan terasa menyulitkan. Ini karena tidak semua toilet umum kondisinya baik dan bersih. Padahal kebersihan sangat diperlukan dalam aktivitas buang air kecil. Saat buang air kecil, akan terjadi kontak langsung antara kulit Anda dengan kloset. Jika kloset kotor, bukan tidak mungkin akan menimbulkan penyakit kulit seperti infeksi. Lalu, apa yang harus dilakukan saat buang air kecil di toilet umum agar tetap terjaga kebersihanya?

Hindari menyentuh benda-benda di toilet

Ada banyak barang yang ada di toilet umum, mulai dari kloset, shower penyiram, hingga tempat sampah. Masalahnya Anda tidak pernah tahu sudah berapa banyak orang yang menyentuh dan menggunakan barang-barang tersebut. Anda juga tidak pernah tahu seberapa higienisnya mereka saat menggunakan toilet umum.

Dengan begitu, sebaiknya Anda tidak menyentuh benda-benda yang ada di toilet. Jika harus menyentuh, seperti saat akan menyiram kloset, lapisi tangan dengan tisu agar tidak terjadi kontak langsung antara kulit Anda dengan tuas flush. Anda juga bisa membawa hand sanitizer setelah menyentuh benda-benda yang ada di toilet umum.

Siram kloset sebelum digunakan

Saat Sahabat Ayu akan menggunakan toilet umum, pastikan kloset dalam keadaan bersih dan tidak ada sisa kotoran yang tertinggal. Jika Anda memang melihat ada kotoran yang tertinggal di kloset, siramlah terlebih dahulu hingga bersih. Untuk toilet umum dengan model kloset duduk, pastikan Anda menutup kloset saat sedang flushing agar kotoran tidak menciprat keluar.

Menggunakan kloset yang kotor hanya akan membuat Anda rentan terserang penyakit yang berbahaya. Belum lagi jamur dan bakteri yang mudah tumbuh di toilet umum, bisa langsung menimbulkan infeksi pada kulit di area sekitar organ kewanitaan. Untuk itu, pastikan Anda hanya menggunakan kloset yang bersih dan tidak ada kotoran tersisa.

Bersihkan dudukan kloset

Jika toilet umum yang Sahabat Ayu datangi menggunakan model kloset duduk, jangan lupa juga untuk membersihkan dudukan kloset. Anda tidak pernah tahu apa yang sudah menempel pada dudukan kloset tersebut. Bisa jadi kloset tersebut ditempeli jamur dan bakteri. Belum lagi jika ada orang yang menapakkan kakinya ke dudukan kloset, tentu akan ada lebih banyak kotoran yang menempel.

Beberapa toilet umum memang menyediakan cairan pembersih khusus untuk dudukan kloset. Namun, jika Sahabat Ayu tidak menemukannya, menyeka dudukan kloset dengan tisu basah saja sudah cukup. Seka dudukan kloset hingga kotoran lenyap. Setelah memastikan tidak ada kotoran yang menempel, baru gunakanlah kloset untuk buang air.

Bawa air sendiri

Saat sudah berada di dalam bilik toilet umum, Sahabat Ayu mungkin akan menemukan air untuk menyiram atau membasuh terlihat kotor. Biasanya hal ini umum ditemukan pada toilet umum model jongkok dengan bak. Air di dalam bak terlihat kotor dan di dasar bak terlihat jentik-jentik nyamuk yang menempel. Jelas terlihat berbahaya, bukan?

Sebagai alternatifnya, Sahabat Ayu bisa membawa air sendiri saat menggunakan toilet umum. Bawa air mineral dalam kemasan yang jauh lebih bersih dari air di dalam bak. Anda juga bisa menggunakan tisu basah jika membawa botol air dirasa terlalu merepotkan.

 

Buang air di toilet umum tentu berbeda dengan buang air di toilet milik sendiri. Sahabat Ayu tidak bisa memprediksi tingkat kebersihan toilet umum karena digunakan banyak orang. Empat tips di atas bisa diterapkan agar Anda senantiasa terjaga kebersihanya saat buang air di toilet umum. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan miss V dengan Sumber Ayu Pembersih Kewanitaan Deo White. Kandungan Deo Formula-nya memberikan perlindungan dari bau tak sedap selama 24 jam.

 

 

Sources:

https://www.timesnownews.com/health/article/women-this-is-what-happens-when-you-sit-and-pee-on-a-dirty-toilet-tips-to-avoid-contracting-infections/353162

http://penyakit.id/cara-aman-menggunakan-toilet-umum/

https://womantalk.com/life-hacks/articles/11-etiket-toilet-umum-yang-wajib-dipatuhi-xOa54

 
ARTIKEL TERKAIT
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt