30 April 2021

Agar Ibadah Puasa Lancar, Simak 5 Kiat Bebas Keputihan di Bulan Ramadan dr. Novi Gracia, SpOG., MARS

Sahabat ayu, pada saat puasa di mana iklim kita adalah negara tropis tentunya membuat tubuh kita lebih mudah berkeringat sehingga area kewanitaan lebih lembab. Oleh karena itu perlu menjaga area miss V dengan pembersih yang cocok dengan dirimu.

Nah kita lihat yuk perbedaannya:

Lendir dari Miss V

Normal

Tidak Normal

Warna

Putih sampai kuning terang

Kuning tua, coklat, kehijauan, putih seperti susu basi

Bau

Tidak ada

Amis, busuk, apek

Keluhan

Gatal - , Nyeri -

Gatal +, Nyeri +

Jumlah

Biasa

Lebih banyak dari biasanya

Penyebab paling sering keputihan tidak normal adalah jamur yang kita sebut dengan jamur candida atau kita sebut penyakitnya yaitu candidiasis. Jika ada salah satu gejala yang dari keputihan tidak normal yang dirasakan oleh sahabat ayu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nah sementara menunggu kalian konsultasi tentunya harus ada yang kalian lakukan yaitu tetap menjaga kebersihan dengan:

  1. Jika saat menstruasi minimal mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali.
  2. Pola makan yang sehat tetap dijaga untuk menjaga stamina sehingga bakteri atau jamur yang akan menyebabkan infeksi tidak timbul di tubuh kita.
  3. Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat.
  4. Gunakan pembersih area miss V yang sesuai dengan pH area miss V, ini penting sekali karena ada bakteri-bakteri yang memang dibutuhkan untuk area miss V sahabat ayu.
  5. Segera konsul ke dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan jika keluhan berlanjut

Ok, sahabat ayu be smart untuk menjaga area miss V kita dengan pembersih yang memang sesuai dan selalu jaga kesehatan serta kebersihan tubuh. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Mohon Maaf Lahir Batin.