mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

5 Inspirasi Untuk Permainan Keluarga Bersama Anak di Rumah

Diterbitkan pada 14 Mei 2019



Akhir pekan atau hari libur menjadi saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Terlebih bila Sahabat Ayu dan pasangan jarang bisa menghabiskan waktu bersama setiap harinya. Tak hanya duduk dan makan bersama, Sahabat Ayu juga bisa menambah keseruan dengan menciptakan permainan keluarga. Pastikan juga buah hati bisa ikut permainan keluarga di rumah ini ya, Sahabat Ayu. Kalau bingung, berikut inspirasi permainan yang bisa dilakukan Sahabat Ayu di rumah!

Berkemah

Mengajak buah hati untuk membangun tenda di kamar dan tidur di dalamnya seolah sedang berkemah di alam pasti akan membuatnya senang. Tak bisa dipungkiri memang, jika anak kecil selalu suka mencoba hal-hal baru di luar kebiasannya sehari-hari. Dengan mengajaknya melakukan permainan berkemah, ia akan memiliki pengalaman tidur yang berbeda dari sebelumnya.

Kalau Sahabat Ayu memiliki halaman belakang rumah yang cukup luas, bangunlah tenda yang muat untuk keluarga. Sahabat Ayu bisa mengajak anak melakukan berbagai permainan di dalam tenda. Sekadar membacakan cerita di dalam tenda bisa membuat anak memiliki akhir pekan yang indah.

Mencari harta karun

Permainan keluarga ini bisa Sahabat Ayu lakukan bersamaan dengan aktivitas berkemah di halaman belakang. Coba sembunyikan beberapa barang yang akan menjadi hadiah buah hati jika ia berhasil menemukannya. Setelah barang tersebut disembunyikan, Sahabat Ayu dan pasangan bisa membuat clue yang harus dipecahkan oleh buah hati untuk bisa menemukan hadiahnya. Buatlah clue sederhana yang mudah dipahami.

Supaya anak lebih tertantang untuk menemukan barang yang disembunyikan, buatlah permainan keluarga yang seru ini sebagai perlombaan. Sahabat Ayu dan pasangan seolah-olah menjadi rival buah hati untuk menemukan barang tersembunyi. Siapa yang bisa mendapatkannya terlebih dahulu, maka berhak memilikinya. Menarik, kan Sahabat Ayu?

Pertandingan olahraga

Bagi anak, memiliki waktu yang bisa dihabiskan bersama orang tuanya dengan memainkan aktivitas yang seru, menjadi momen-momen yang sangat membahagiakan. Maka dari itu, Sahabat Ayu bisa menciptakan permainan yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Salah satunya adalah pertandingan olahraga. Namun, tentu saja tidak seserius pertandingan aslinya.

Sahabat Ayu bisa memilih olahraga yang melibatkan bola seperti voli, sepak bola, atau basket. Aktivitas ini juga layaknya permainan keluarga di pantai yang bisa dilakukan oleh semua anggota keluarga. Mengajak anak untuk bertanding dalam olahraga akan mengajarkan arti sportivitas dan pantang menyerah.

Membuat prakarya

Anak-anak harus dilatih kreativitasnya sejak dini. Untuk itulah, Sahabat Ayu bisa membuat permainan keluarga yang seru di mana anak harus mengeluarkan ide dan kreativitasnya dalam membuat sesuatu. Membuat prakarya, contohnya. Sahabat Ayu bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana seperti stik es krim untuk membangun rumah-rumahan, kardus bekas untuk membuat karakter kartun, dan sebagainya.

Selama proses pembuatan prakarya, biarkan anak mengeksplor kemampuannya untuk menciptakan suatu bentuk. Awasi dan bimbing seperlunya ketika ia membutuhkan bantuan.

Tebak kata

Bermain tebak kata adalah permainan keluarga di rumah yang bisa dilakukan oleh semuanya, termasuk buah hati. Sahabat Ayu bisa meminta anak untuk menebak kata yang dimaksud berdasarkan clue yang diberikan. Misalnya saja “aku adalah kendaraan yang biasa ayah gunakan untuk bekerja, siapakah aku?” atau bisa juga begini, “aku adalah benda yang mirip baju, namun hanya dikenakan saat hujan turun, siapa aku?”

Sahabat Ayu juga bisa membuat versi lain dari permainan tebak kata ini dengan menuliskan beberapa kata di setiap lembar kertas, lalu menggulungnya. Kemudian, ajak buah hati dan pasangan untuk memainkan permainan ini. Satu orang mengambil satu gulungan kertas, lalu memberikan clue kepada yang lain untuk bisa menebak kata di kertas tersebut. Sangat menarik, kan, Sahabat Ayu?

 

Nah, itulah beberapa permainan yang bisa Sahabat Ayu mainkan bersama pasangan dan buah hati saat acara kumpul bersama. Tak perlu bingung untuk memilih permainan apa. Dengan media yang sederhana pun Sahabat Ayu bisa menciptakan suasana yang seru serta bisa meningkatkan keakraban antar anggota keluarga. Selamat bermain!

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt