3 Ajaran Bagi Buah Hati untuk Memupuk Keluarga Harmonis



Keluarga merupakan tempat bernaung yang diidamkan oleh setiap orang. Memiliki keluarga harmonis seakan sudah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pasangan yang telah menikah. Kehadiran buah hati dalam rumah tangga juga akan menjadi pelengkap hubungan yang didambakan. Bagi Anda yang sedang menanti kedatangan buah hati, pastikan Anda telah menyiapkan ajaran-ajaran ini untuk diterapkan bagi si kecil:
 
1. Tanggung jawab
Ajarkanlah tanggung jawab kepada buah hati Anda sejak dini. Anda dapat mulai dengan melatihnya untuk melakukan beberapa tugas kecil, seperti membereskan tempat tidur setiap pagi atau mencuci piring setelah makan. Selain melatih tanggung jawab, hal tersebut juga dapat membentuk kepribadian yang disiplin ke depannya.
 
2. Saling menolong
Tanamkanlah semangat saling menolong dalam hal sekecil apapun pada sang buah hati. Mulailah dengan melatih kepekaannya terlebih dahulu, dimulai dari hal-hal sederhana. Ajaklah buah hati Anda untuk berbagi sedikit mainan atau sebagian makanannya kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Tentunya Anda juga harus menunjukkan sikap mudah menolong mulai dari keluarga kecil Anda sendiri agar memberinya contoh baik untuk ditiru.

3. Tata krama
Tata krama merupakan suatu hal yang tidak kalah penting, baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkup publik. Anda dapat mulai mengajarkan hal ini kepada anak dengan cara membiasakannya mengucapkan “tolong” dan “terima kasih”. Ungkapan sederhana ini akan membuat buah hati Anda menjadi lebih santun ketika berhadapan dengan orang lain. 
 
Untuk mendukung sikap positifnya, Anda sebaiknya memberi pujian setiap kali sang buah hati berhasil menerapkan ajaran-ajaran tersebut. Meskipun terlihat sederhana, ajaran tersebut akan membantu membentuk kepribadian yang baik dalam diri buah hati Anda dan menjadi bekal terciptanya keluarga harmonis seiring dengan pertumbuhannya.