mobile menu
Logo Sumber Ayu Mobile
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

Bolehkah Curhat Masalah Pernikahan kepada Teman?

Diterbitkan pada 28 Juni 2019

(Gambar 1. Bolehkah Curhat Masalah Pernikahan kepada Teman)

 

Memiliki kehidupan sosial yang baik adalah salah satu hal yang sebaiknya Sahabat Ayu miliki agar bisa menjalani aktivitas dengan baik. Ya, ketika Anda memiliki teman bercerita, maka Anda bisa mendapatkan jalan keluar dari masalah yang sedang menghampiri.

Selain itu, kehadiran teman di dalam kehidupan Sahabat Ayu juga pastinya membawa kegembiraan tersendiri. Kalau dipikir-pikir, rasanya sulit untuk menjalani kehidupan tanpa adanya teman yang berada di sekitar Anda, walaupun sudah ada pasangan juga.

Di dalam hubungan pernikahan, pastinya ada saja masalah yang menghampiri, dari masalah kecil hingga besar. Sahabat Ayu pastinya membutuhkan teman curhat, bukan? Itulah mengapa harus ada teman yang berada di sekitar Anda. Namun bagaimana dengan curhat masalah pernikahan yang diceritakan kepada teman Anda? Apakah boleh?

Sebenarnya boleh saja karena itulah salah satu fungsi pertemanan. Namun ada beberapa topik masalah yang sebaiknya tidak diceritakan kepada mereka dan diselesaikan sendiri bersama pasangan. Karena bagaimanapun, teman Anda adalah pihak luar di dalam hubungan pernikahan.

Di bawah ini, ada beberapa topik masalah yang sebaiknya Anda hindari untuk diceritakan kepada teman karena tidak hanya masalah penting saja, tetapi ini juga berhubungan dengan harga diri pasangan Anda. Apa saja masalah-masalah tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kehidupan seks

Masalah pertama yang sebaiknya tidak diceritakan kepada teman adalah kehidupan seks. Di dalam hubungan pernikahan, seks adalah salah satu aspek penting yang harus dipenuhi. Namun, ada saja masalah yang bisa timbul di sini seperti pasangan yang tidak subur hingga kurang memuaskan Anda.

Sebaiknya untuk hal ini, janganlah ke teman Anda. Daripada bercerita kepada mereka dan meminta saran yang belum tentu tepat juga, cobalah datang ke pakar seksolog yang ada di tempat Anda supaya Anda bisa mencari jalan keluar yang jelas tepatnya.

Utang

Selain kehidupan seks yang memang berhubungan dengan harga diri pasangan Anda, urusan utang pun juga jangan diceritakan kepada teman. Di dalam hubungan pernikahan, terkadang Anda harus mencari jalan keluar lebih cepat yaitu utang.

Pastinya ketika Anda memutuskan untuk berutang, sudah ada persetujuan juga dari pasangan Anda. Jadi masalah ini harus diselesaikan secara internal, bukan curhat masalah pernikahan dan meminta saran dari pihak luar yang pastinya tidak tahu bagaimana kekuatan ekonomi keluarga Anda.

Ekonomi

Ya, kekuatan ekonomi yang baik di dalam keluarga adalah impian semua pasangan. Masalah ekonomi bisa saja muncul kapan saja tanpa permisi. Belum lagi gaya hidup juga mempengaruhi kekuatan ekonomi Anda dan keluarga.

Walaupun ada masalah ekonomi yang melanda, teman bukanlah tempat yang tepat untuk dimintai saran. Lebih baik Anda mencari pertolongan dari financial planner yang sudah terpercaya dalam urusan ini. Jangan buang-buang waktu Anda untuk menceritakan masalah internal ke orang lain yang tidak kompeten juga.

Membongkar aib pasangan

Masalah terakhir yang sebaiknya tidak diceritakan kepada teman adalah membongkar aib pasangan. Setiap orang memiliki masa lalu dan juga sisi buruk. Anda pun juga sebenarnya memiliki itu. Tapi apakah mau aib Anda disebarkan kepada orang lain? Tidak mau, kan? Karena itu, Anda juga sebaiknya tidak menyebarkan kepada aib pasangan Anda kepada orang lain karena itu adalah masalah Anda berdua. Jangan libatkan orang luar.

 

Jadi, Sahabat Ayu boleh saja curhat kepada teman, namun bukanlah mengenai masalah-masalah di atas karena itu adalah masalah yang penting dan lebih membutuhkan saran dari orang yang sudah berkompeten. Ingat, cobalah menjalin pertemanan secara sehat dan positif dan jangan curhat masalah pernikahan kepada mereka.

Sumber:

https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-3399665/4-hal-dalam-rumah-tangga-yang-tak-boleh-diceritakan-ke-teman

https://hellosehat.com/hidup-sehat/seks-asmara/curhat-masalah-pernikahan/

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
socmedFb socMedTw socMedInsta socMedYt