mobile menu
mobile menu  
HOME ARTIKEL VIDEO GALERI PRODUK KONTAK

5 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Wanita

Diterbitkan pada 08 April 2018

Sudah sejak lama daun sirih dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya manfaat. Bagi yang belum pernah melihat wujud daun sirih secara langsung, tanaman ini memiliki daun tunggal berbentuk jantung dan berujung runcing. Umumnya, selembar daun sirih mempunyai ukuran panjang sekitar 5-8 cm dengan lebar sebesar kurang lebih 2-5 cm.

Daun sirih memiliki beberapa khasiat positif untuk kesehatan, terutama wanita, karena fungsinya yang mampu menjaga kebersihan area miss V. Tentunya masih ada beberapa manfaat daun sirih bagi wanita yang bisa Sahabat Ayu rasakan. Apa saja manfaat tersebut?

Berfungsi sebagai antiseptik

Hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of Chemical and Pharmaceutical Research menunjukkan bahwa daun sirih memiliki efek positif sebagai antiseptik, khususnya untuk bahan cuci tangan. Menurut hasil penelitian tersebut, antiseptik yang terbuat dari daun sirih lebih unggul daripada sabun non antiseptik dan sabun antiseptik. Hanya saja, masih perlu dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui apakah bakteri yang tersisa bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak.

Sumber lain menyebutkan bahwa daun sirih ternyata memang mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat fenol, yakni kavikol. Karena adanya kandungan ini, daun sirih pun memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat lebih ampuh dari antiseptik yang mengandung zat fenol biasa.

Membersihkan area miss V

Sahabat Ayu pasti sudah mengetahui popularitas daun sirih dalam membersihkan area miss V. Popularitas tersebut bukannya muncul tanpa alasan. Daun sirih mengandung beberapa senyawa bioaktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri maupun jamur. Namun, sekali lagi perlu diingat bahwa sifat dari senyawa-senyawa bioaktif dalam daun sirih bukanlah membunuh, tetapi menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Jadi, meski menggunakan daun sirih, diharapkan tidak akan merusak flora normal dalam miss V.

Mengurangi keputihan

Seperti yang telah disebutkan, daun sirih mengandung beberapa senyawa aktif yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan jamur. Kedua hal inilah yang dapat menjadi pemicu terjadinya keputihan. Salah satu senyawa bioaktif yang terkandung dalam daun sirih adalah hydroxychavicol dengan sifat antifungal-nya. Senyawa satu ini mampu melawan strain jamur dengan sangat baik, yakni hingga mencapai 124 strain.

Dilansir Republica.co.id, Irmanida Batubara selaku Kepala Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan bahwa secara ilmiah, khasiat daun sirih adalah untuk membantu mengatasi keputihan. Sudah sejak lama daun sirih dipercaya memiliki khasiat sebagai pereda keputihan. Kalau ingin tahu khasiatnya, Sahabat Ayu bisa mencoba merebus beberapa helai daun sirih segar dan membasuhkan air rebusannya pada miss v.

Bersifat antibakteri pada bakteri tertentu

Berdasarkan informasi dari Alodokter.com, ada sebuah penelitian yang bertujuan membuktikan efektivitas sifat antibakteri daun sirih merah terhadap bakteri Staphylococcus Auerus. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit kulit seperti jerawat dan bisul.

Penelitian ini mengkaji bakteri yang memiliki resistensi terhadap antibiotik Methicillin Resistant Staphylococcus (MRSA). Ada dua metode penggunaan daun sirih dalam penelitian ini, yakni daun sirih yang diekstrak menggunakan mesin berteknologi nano dan daun sirih yang diubah menjadi bentuk serbuk. Hasilnya, keduanya membuktikan bahwa khasiat daun sirih memang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Hanya saja, ekstrak daun sirih yang dibuat dengan mesin teknologi nano ternyata lebih kuat dibandingkan esktrak berbentuk serbuk.

Menghambat karies gigi

Manfaat daun sirih untuk kesehatan ternyata juga ada yang berkaitan dengan gigi dan mulut, Sahabat Ayu. Daun sirih dapat menghambat karies gigi, yang disebabkan oleh bakteri bernama Streptococcus Mutans. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Medical Science menjelaskan bahwa daun sirih mengandung minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan senyawa fenolik. Seluruh kandungan tersebut cukup aktif terhadap bakteri Streptococcus Mutans sehingga khasiat daun sirih cukup kuat untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

 

Itulah beberapa manfaat daun sirih bagi wanita. Meski sudah cukup banyak penelitian tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan, tetap dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. Semoga ada semakin banyak khasiat daun sirih yang bisa Anda rasakan di kemudian hari ya, Sahabat Ayu!

 
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.
© SUMBERAYU 2017 | All Rights Reserved.